VISUALISASI PENGENALAN PANCAINDRA BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM MENDUKUNG MATA PELAJARAN IPA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Ahyuna Ahyuna, Arwansyah Arwansyah

Abstract


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada tingkat sekolah dasar. Dengan menggunakan metode ceramah, menggambarkan di papan tulis, atau hanya sekedar melihatnya di buku pelajaran menimbulkan kesulitan bagi sebagian besar siswa dalam memahami materi. Faktor penyebab kesulitan pemahaman siswa adalah karena kurangnya visualisasi objek nyata dari materi yang disampaikan. Hal ini menimbulkan rasa malas dan jenuh terhadap siswa dalam mempelajari panca indra yang merupakan salah satu sub materi yang terdapat pada mata pelajaran IPA tingkat sekolah dasar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, maka penulis mencoba untuk menyusun sebuah penelitian yang berjudul Panca Indra yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality ini, akan Visualisasi Pengenalan Panca Indra Bebasis Augmented Reality dalam Mendukung Mata Pelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar”. Penulis berharap dengan merancang sebuah aplikasi Visualisasi lebih  menarik  minat siswa dalam mempelajari panca indra dan para siswa dapat secara langsung mengamati objek 3 dimensi panca indra.


Full Text:

PDF

References


A. Andriyadi, “Augmented Reality With ARToolkit”, Augmented Reality Team, Bandar Lampung, 2011.

A. Prabawati,“3D Studio Max 2012”, Semarang : Wahana Komputer, 2012.

G. Mikrodo, “IPA SD untuk Sekolah Dasar Kelas IV”, Jakarta : Erlangga, 2008.

V. Yasin, “Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek”, Jakarta : Mitra Wacana Media, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.