PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK GURU SMP

Danang Tejo Kumoro, Dian Syafitri Chani Saputri, Apriani Apriani

Abstract


Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menambatkan benda maya ke dalam lingkungan nyata. AR bertujuan untuk memberikan wujud yang lebih nyata tentang sebuah obyek menggunakan media digital 3D dimana pengguna juga dapat berinteraksi dengan obyek tersebut.

 

Sekolah Menengah Pertama mengajarkan subyek-subyek seperti fisika, matematika, dan biologi yang membutuhkan alat peraga sehingga siswa dapat menangkap informasi yang lebih menyeluruh terkait obyek.

 

Penggunaan Augmented Reality adalah salah satu yang dapat dilakukan untuk mendukung ketersediaan alat peraga pada bidang-bidang tersebut yang dapat dibuat secara mandiri oleh para guru pengajar mata pelajaran terkait.

Penyelenggaraan kegiata pelatihan pembuatan media pembelajaran IPA menggunakan Augmented Reality menambah kemampuan guru dalam membuat peraga yang lebih nyata kepada siswa. Kemampuan Augmented Reality yang dapat menghadirkan obyek 3D memberikan pengalaman yang lebih baik kepada siswa.


Full Text:

PDF

References


Hadi, Sony Sulistyo, Aplikasi Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Augmented Reality Untuk Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

Rachman, Galih Rakacitra, dan Farid Thalib, 2011 Jurnal Pengembangan Teknologi Augmented Reality. Universitas Gunadarman,.

Trianto, 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara,

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati 2014.Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.