PERANCANGAN BASIS DATA SMART BIRTH SEBAGAI PEMANTAU DATA KEHAMILAN, KELAHIRAN DAN PERTUMBUHAN BAYI

Imam Thoib, Dhimas Adi Satria, Dian Rusvinasari, Gunawan Wicahyono, Yudhi Setiyantara

Abstract


Data berperan penting bagi instansi atau organisasi dalam pengambilan suatu keputusan atau sebagai penunjang sebuah kebijakan. Dengan data yang akurat dapat membantu instansi mengambil keputusan yang tepat.

Smart Birth merupakan sebuah konsep aplikasi pemantau data kehamilan, kelahiran dan pertumbuhan bayi, dimana pada makalah ini akan dibahas mengenai pemodelan data yang meliputi aturan dasar analisis, teknik pengumpulan data dan perancangan basis data.

Proses perancangan basis data dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu analisis laporan yang diinginkan dinas kesehatan, perancangan tabel dan tipe data dan penentuan relasi antar tabel. Hasil yang dicapai adalah rancangan basis data yang nantinya akan digunakan untuk membangun sistem Smart Birth yang dapat memenuhi kebutuhan analisis data untuk memantau data kehamilan, kelahiran dan pertumbuhan bayi

Full Text:

PDF

References


Fathansyah, (2012). Sistem Basis Data. Penerbit Informatika : Bandung

Kadir, Abdul. (2001), Konsep dan Tuntutan Praktis Bais Data. Penerbit Andi : Yogyakarta

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Indrajani, I. (2013). “Membangun Basis Data Posyandu Menuju Indonesia Sehat Sentosa”. Jurnal ComTech, Vol.4 No. 2, Desember 2013: 618-626.

Munawaroh, Siti (2014). “Model Informasi Monitoring Kesehatan Ibu dan Bayi pada Posyandu dalam Rangka Upaya Peningkatan Kesehatan Keluarga”. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Volume 19 No.1, Januari 2014 : 76-85


Refbacks

  • There are currently no refbacks.