PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN POHON KEPUTUSAN DENGAN ALGORITMA C4.5 DALAM MENENTUKAN KECELAKAAN PENERBANGAN

Andreas Chandra

Abstract


Penerbangan adalah hal yang sering dilakukan pada jaman yang sangat modern ini. Mobilitas masyarakat menuntut transportasi yang lebih cepat, namun setiap transportasi memiliki resiko masing-masing, karena semakin tingginya frekuensi penerbangan maka akan terdapat pula resiko kecelakaan pada transportasi pesawat. Paper ini menjelaskan tentang pohon keputusan dengan algoritma C4.5.

Pohon keputusan merupakan metode klasifikasi yang sangat kuat dan populer, metode pohon keputusan mengubah fakta yang sangat besar menjadi pohon keputusan yang merepresentasikan aturan. Pohon keputusan juga beguna untuk eksplorasi data, menemukan hubungan tersembunyi antara sejumlah calon variabel input dengan sebuat variabel target.

Pengujian yang dilakukan mengalami penyerdehanaan variabel dari dataset, variable yang digunakan hanya  flighttype, investigation type, aircraft demange dan number of engines. Dan mengambil flight type sebagai hasil akhir

Full Text:

PDF

References


F. A. Hermawati, “Data Mining”, ANDI, 2013

B. Sentosa, “Data Mining Teknik Pemnafaatan Data untuk Keperluan Bisnis”, Graha Ilmu, 2007.

Kusrini, E. T. Luthfi, “Algoritma Data Mining”, Penerbit ANDI, R. Frinkel, R. Taylor, R. Bolles, R. Paul, “An overview of AL, programming system for automation,” in Proc. Fourth Int. Join Conf Artif.Intel., pp. 758-765, Sept. 3-7, 2006.

A.S.R. Ansori, M. Hariadi, W. Endah,"Pemodelan Retakan Tiga Dimensi Akibat Ledakan Untuk Serious Games", in Proc. Semnasteknomedia 2013, pp.13-1, Januari 13,2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.