APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK PENGAMANAN DATA DENGAN METODE STEGANOGRAFI LSB DAN KRIPTOGRAFI DES

Fiqih Putra Pratama, Wahyu Pramusinto

Abstract


Pertukaran data untuk kepentingan bisnis seringkali dilakukan melalui email. Akan tetapi karena maraknya kasus pencurian data elektronik, data penting tersebut bias jatuh ke tangan orang lain yang tidak berhak mendapatkannya. Oleh karena ini sebelum dikirimkan via email, data tersebut harus dirahasiakan agar tidak diketahui oleh pihak lain selain pengiriman dan penerima. Ada beberapa cara untuk mengamankan data elektronik, diantaranya adalah dengan metode kriptografi dan steganografi. Kriptografi adalah metode mengubah data asli menjadi bentuk lain yang tidak dapat dibaca. Sementara steganografi adalah suatu metode keamanan data dengan cara menyisipkan data rahasia ke dalam media gambar.

Metode yang digunakan adalah Steganografi LSB (Least Significant Bit Insertion) dan Kriptografi DES (Data Encryption Standard). Sistem kerja kedua metode ini yaitu dengan cara mengenkripsi data terlebih dahulu (kriptografi), lalu setelah itu menyisipkan data rahasia tersebut ke dalam media gambar (steganografi). Setelah menyisipkan data rahasia tersebut yang tidak bisa dilihat oleh kasat mata maka tidak akan ada yang mengetahui isi data rahasia tersebut.

Pada penelitian ini dibuat sebuah aplikasi berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Aplikasi ini bisa digunakan oleh pengirim untuk mengamankan file rahasia dan digunakan oleh penerima untuk membuka file rahasia yang sudah diamankan. Aplikasi ini mampu menyisipkan file rahasia ke dalam gambar tanpa diketahui oleh orang lain sehingga file rahasia menjadi lebih aman.

Full Text:

PDF

References


D. Ariyus, “Pengantar Imu Kriptografi”, Yogyakarta : Andi, 20

M.Y. Andri, “Implementasi Algoritma Kriptografi DES, RSA dan Algoritma Kompresi LZW Pada Berkas Digital”, 2009

R. Munir, “Kriptografi”, Bandung : Informatika Bandung, 2006

Febriansyah, “Analisis dan Perancangan Keamanan Data Meggunakan Algoritma Kriptografi DES (Data Encryption Standard), 2012

Z. Niswati, “Steganografi Berbasis Least Significant Bit (LSB) Untuk Menyisipkan Gambar Ke Dalam Citra Gambar”, Jurnal Factor Exacta Vol 5 No. 2 : 181-191, ISSN : 1979276X, 2012

M. Fairuzabadi, “Implementasi Kriptografi Klasik Menggunakan Borland Delphi”, Jurnal Dinamika Informatika Vol 4 No 2, September 2010.

B. Prasetiyo, “Kombinasi Steganografi Bit Matching dan Kriptografi DES Untuk Pengamanan Data”, 2013.

M. F. Alamsyah, “Implementasi Metode Steganografi Least Significant Bit Dengan Algoritma RSA Pada Citra BMP”, 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.