PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGENALAN RAMBU LALU-LINTAS DAN SIMULASI TES SURAT IZIN MENGEMUDI BERBASIS ANDROID

Irfani Sulistyawan, Erik Hadi Saputra

Abstract


Pentingnya kelengkapan dalam berkendara harus diperhatikan, seperti penggunaan helm, kelengkapan kendaraan, dan kelengkapan surat kendaraan serta Surat Ijin Mengemudi (SIM) harus selalu dibawa sewaktu berkendara. Tidak jarang banyak masyarakat yang belum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM), mulai karena belum cukup umur, belum sempat membuat, dan bahkan tidak sedikit masyarakat yang sering tidak lulus ujian tes SIM sehingga malas untuk melakukan ujian kembali. Aplikasi mobile berbasis android yang di beri nama Rambu dan Simulasi Tes SIM ini dapat membantu masyarakat agar lebih mudah dalam mempelajari dan mencari informasi mengenai rambu lalu lintas serta informasi tentang ujian tes sim. Android merupakan salah satu sistem operasi yang sedang populer saat ini, karena aplikasinya dapat dikembangkan sendiri tanpa dipungut biaya. Android adalah sistem operasi besutan Google yang bersifat open source dan disematkan ke beberapa smartphone. Dalam pembuatan aplikasi ini juga menggunakan beberapa perangkat lunak seperti Android Studio, Android Software Development Kit (SDK), Android Virtual Manager (AVD), Adobe Illustrator, Adobe Photoshop.


Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, hubdat.dephub.go.id/uu diakses 28 Desember 2016

Surat Ijin Mengemudi (SIM), https://www.polri.go.id/layanan-sim.php, diakses pada tanggal 24 April 2016

Nazruddin Safaat H, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung, 2012.

Dodit Suprianto dan Rini Agustina, Pemrograman Aplikasi Android, repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_10.11.4332.pdf

Jenis dan arti rambu lalu lintas, http://dinhubkominfo.purbalinggakab.go.id, diakses pada tanggal 27 Oktober 2016.

A. Suhendar dan Hariman Gunadi, Visual Modelling Menggunakan UML, dan Rational Rose, Bandung: Informatika Bandung, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.