RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK PENGHITUNG KALORI DAN PENGATUR POLA MAKAN PADA SISTEM OPERASI ANDROID

Randy Pradana Kushatmaja

Abstract


Perkembangan jaman sangat mempengaruhi pola hidup seseorang saat ini. Salah satunya karena semakin berkurangnya aktivitas fisik dalam semua level dan bidang kehidupan. Teknologi makin canggih hingga gerak manusia pun berkurang. Di sisi lain, semakin menjamurnya makanan-makanan junk food dan instan juga menjadi penyebab lain mengapa obesitas makin banyak diderita oleh negara-negara maju dan berkembang.

Penulis melakukan pengujian terhadap 3 hal. Pengujian pertama yaitu pengujian terhadap menu masakan yang dimiliki aplikasi apakah telah memuat menu masakan Indonesia. Pengujian kedua yaitu User Acceptance Test (UAT) atau Uji Penerimaan Pengguna yang digunakan untuk mengetahui apakah UI yang telah dibuat dapat diterima oleh penggunanya. Pengujian ketiga yaitu pengujian terhadap pengguna setelah menggunakan aplikasi apakah dapat mengatur pola makan sesuai kebutuhan kalori setelah menggunakan aplikasi selama 3 hari.

Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangung aplikasi penghitung kalori dan pengatur pola makan pada sistem operasi Android. Perangkat lunak berplatform Android menggunakan bahasa pemrograman Java dengan menggunakan IDE Android Studio.


Full Text:

PDF

References


Ainswort, B,E (2011). Compendium of Physical Activities: a second update of codes and MET values. Healthy Lifestyles Research Center, College of Nursing & Health Innovation. Arizona State University.

Indonesia. Menteri Kesehatan. (2013). Lampiran peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 75 tahun 2013 : Tentang angka kecukupan gizi yang dianjurkan bagi bangsa Indonesia. http://gizi.depkes.go.id

Katherine (2013). Android Studio: An IDE built for Android. Android Developers Blog. Google.

Alatas, Husein. (2013). Responsive Web Design dengan PHP & Bootstrap. Penerbit Lokomedia, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.