IMPLEMENTASI WEB SERVICE DALAM PENCARIAN OBJEK WISATA BERBASIS ANDROID

Ilham Ilham, Norhikmah Norhikmah, Dhiya Ulhaq Zulha Alamsyah

Abstract


Berlibur atau berkunjung ke sebuah objek wisata merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh wisatawan lokal maupun luar daerah akan tetapi fasilitas untuk mendapatkan informasi tentang wisata  apa saja yang akan dikunjungi dirasa masih kurang lengkap. Maka dari itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang menerapkan web service dalam pencarian obyek wisata berbasis android, dan  dengan menerapkan arsitektur REST maka bisa diakses berbagai macam jenis client baik itu berupa web maupun dekstop, perancngan sistem yang digunakan adalah UML (Use Case, Activity dan Class Diagram), tujuan dari penelitian ini adalah memudahkan  developer membangun aplikasi client di atasnya, sehingga dapat mendukung development aplikasi client untuk berbagai platform, dan. juga  dapat membantu user dalam pencarian objek wisata, sehingga informasi yang didapat lebih lengkap.

 


Full Text:

PDF

References


K. Erick, “Implementasi Rest Web Service Untuk Sales Order dan Sales Tracking Berbasis Mobile”, Jurnal Eksis, vol. 17, no 01: pp 1-12, Mei 2014

S.W. Ginanjar dan F. Hadiansah, “Implementasi Location Based Service Rute Objeck Wisata Tegal”, Jurnal Infotel vol. 7, no. 02, ISSN: 2085-3688; e-ISSN: 2460-0997, November 2014.

Y. Mohammad, “Implementasi Webservice Pada Sistem Pelayananan Perijinan Terpadu Satu Atap Dipemerintah Kota Palu”, Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan (Semantik), ISBN: 979-26-0255-0, Semarang 23 Juni 2012.

H.S. Nazruddin, “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android”, Informatika Bandung: Informatika, 2012.

P. Donni, “Teknologi Web Service Sebagai Pengganti Pengunaan IP Publik Pada Alat Pengendali Lampu Jarak Jauh”, Jurnal Ilmiah DASI, vol. 17 no. 3, ISSN: 1411-3201, September 2016.

S.Wijaya,. “Penerapan Web Service pada Aplikasi Sistem Akademik pada Platform Sistem Operasi Mobile Android” Teknik Informatika, STIKOM PGRI Banyuwangi, 2012

F. Yuli, “Aplikasi Iklan Baris Online Menggunakan Arsitektur REST Web Service”, Telematika vol. 9, no. 2, Januari 2013.

SK.MENPARPOSTEL NO: KM 98/ PW.102/MPPT-87.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.