DESAIN USER INTERFACE APLIKASI PENUNJANG KOMUNIKASI UNTUK PENYANDANG TUNA WICARA BERBASIS MOBILE

Abdurrasyid Ridho, Khairan Marzuki, Salam Aryanto, Melany Mustika Dewi

Abstract


Keterbatasan fisik yang dialami seseorang bisa menghambat suasana komunikasi yang dijalin, sehingga akan terdapat kesenjangan didalamnya. Contoh keterbatasan itu adalah tuna wicara (ketidakmampuan berbicara) diantara sekian banyak ketidakmampuan lainnya. Karenanya pada penelitian ini penulis berkeinginan untuk menjembatani komunikasi antara orang normal dengan penyandang disabilitas di atas dengan aplikasi penunjang komunikasi untuk penyandang disabilitas, dimana nantinya akan menerjemahkan bahasa isyarat dari si penyandang disabilitas untuk ke bahasa normal.

Tahapan yang dilakukan adalah penjelasan umum mengenai aplikasi, menganalisa kebutuhan untuk aplikasi, penjelasan singkat kinerja aplikasi dan kemudian dilanjutkan ke bahasan utama tulisan ini yaitu desain interface untuk aplikasi ini bebasis mobile..

Hasil yang didapat pada tulisan kali ini adalah gambaran user interface mengenai aplikasi penunjang komunikasi untuk penyandang disabilitas tuna wicara.


Full Text:

PDF

References


UU Repbulik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disaibilitas Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 Ayat 2 dan 4.

Irwanto et al., “Analisis Situasi Penyandang Disabilitas di Indonesia: Sebuah Desk-Review”, Pusat Kajian Disabilitas Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia, November 2010.

Syahrul dan Chaerudin, “Pengembangan Alat Bantu Baca Bagi Tunanetra Berbasis Jaringan Komputer”, Jurnal Teknik Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia Bandung, Vol.19 No.1 pp.37-49, Februari 2011.

Yulia Nuriyanti dan Dewi Tresnawati, “Pengembangan Aplikasi Pengenalan Bahasa Isyarat Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android”, Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Vol.12 No.1, 2015.

Lentera Kecil, Pengertian Disabilitas, Tulisan yang dimuat dalam kompasiana dengan sumber: http://www.kompasiana.com/lenterakecil/pengertian-disabilitas_550a62e5813311b275b1e3e8, Desember 2011.

Natalia Cynintia Dewi, “Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nomor 4 tahun 2012 Terhadap Pekerja Penyandang Disabilitas di PT. Yogya Presisi Tehnikatama Industri”, Jurnal Skripsi Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya, 2014.

Hope M. Hurlbut, The Signed Language of Indonesia: An Enigma, Dallas: SIL International, 2014.

ISO/IEC, Term of Flowchart, A Term from SEVOCAB (Software and System Engineering Vocabulary), sumber: https://pascal.computer.org/sev_display/index.action, 2008.

Yoga Anindito Pratama, Model User Interface, Modul Kuliah Universitas Gunadarma, sumber: anindito.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/39111/03.+Model+User+Interface.pdf, _.

Umi Proboyekti, User Interface Desing (UID), Materi Rekayasa Perangkat Lunak Universitas Kristen Duta Wacana, sumber: lecturer.ukdw.ac.id/othie/uid.pdf, _.

Hanif Al Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern, Yogyakarta: Andi Offset, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.