APLIKASI TAMRIN LUGHOH (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB) PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR BERBASIS MOBILE

Dihin Muriyatmoko, Achmad Farouq Abdullah

Abstract


Bahasa merupakan mahkota pondok dan telah menjadi simbol kehormatan dan kebanggaan Pondok Modern Darussalam Gontor [1]. Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat manusia menuntut segala aspek kehidupan menjadi lebih mudah. Begitu juga dalam proses pembelajaran yang umumnya masih menggunakan buku sebagai medianya, hal tersebut dirasa kurang efektif dan efisien manakala kita tidak sedang berada diruang baca. Sehingga penggunaan media lain seperti ponsel pintar dirasa perlu ketika dalam kondisi tertentu. Penelitian ini mengambil buku tamrin lughoh (Pembelajaran Bahasa Arab) Pondok Modern Darussalam Gontor yang akan disajikan dalam bentuk aplikasi mobile berbasis android.

Target jangka pendek dari hasil aplikasi ini lebih diperuntukkan khusus untuk calon mahasiswa UNIDA GONTOR yang bukan alumni pondok (SMA/SMK/MA) karena biasanya mereka kurang memiliki dasar kemampuan berbahasa arab yang sesuai standar kampus, terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang bukan alumni pondok yang mengikuti kuliah matrikulasi Bahasa Arab di kampus ini dan target jangka panjang aplikasi ini bisa digunakan sebagai media pembelajaran pada khalayak umum yang ingin mengenal Bahasa arab versi Pondok Modern Darussalam Gontor. Namun bagaimanapun aplikasi ini hanya sebagai alternatif media belajar yang tidak bisa menggantikan peran buku, kelas dan ustadz yang sesungguhnya dan hanya bersifat membantu.

Penelitian ini akan diuji coba kepada calon mahasiswa UNIDA GONTOR yang bukan alumni pondok yang sedang mengikuti mata kuliah matrikulasi Bahasa arab dengan cara memberikan aplikasi ini kepada mereka dan membagikan kuisioner untuk mengukur tingkat kepuasan mereka setelah menggunakan aplikasi ini


Full Text:

PDF

References


I. T. Gontor, “Gontor dan Bahasa,” www.gontor.ac.id, 2015. [Online]. Available: https://www.gontor.ac.id/catatan/gontor-dan-bahasa.

U. Gontor, “Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIDA Gontor 2016-2017,” unida.gontor.ac.id, 2016. [Online]. Available: http://unida.gontor.ac.id/informasi-pendaftaran-mahasiswa-baru-unida-gontor/.

I. S. Imam Zarkasyi, Durusul Lughoh Al Arobiyyah ’Ala Thoriqotil Hadistah, 1st ed. Ponorogo: Gontor Press Ponorogo.

S. Balaji, “WATEERFALLVs V-MODEL Vs AGILE : A COMPARATIVE STUDY ON SDLC,” Int. J. Inf. Technol. Bus. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 26–30, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.