RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA LAPORAN ASPIRASI DENGAN FIREBASE CLOUD MESSAGING BERBASIS MOBILE

Fariz Nurzam, Ika Nur Fajri, Donni Prabowo

Abstract


Tercapainya tujuan sebuah instansi tak lepas dari saran dan kritik, baik dari dalam maupun luar instansi. Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) terdapat temuan bahwa 33.6% responden tidak memiliki komitmen untuk menyampaikan aspirasi maupun laporan dengan salah satu alasan karena tidak ada atau kurang sarana pengaduan. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah aplikasi media laporan aspirasi yang memudahkan pengguna dan pengelola.

Penelitian ini membahas rancang bangun aplikasi mobile yang dibuat dengan pendekatan modelling UML (Unified Modeling Language) yang akan memudahkan pembaca untuk memahami alir dan proses pembuatan aplikasi. Aplikasi juga dilengkapi fitur push notification dengan Firebase Cloud Messaging, pengembangan dari Google Cloud Messaging yang dapat mengirimkan pesan notifikasi apabila ada laporan dan aspirasi baru.

Berdasarkan program yang telah dibuat, Firebase Cloud Messaging mampu menjalankan fitur push notification dengan menjalankan script berisi httprequest untuk mendapatkan token FCM dari pengguna maupun pengelola. Token FCM tersebut yang digunakan sebagai identitas perangkat untuk mengirimkan push notification kepada pihak yang dituju.

Full Text:

PDF

References


BAPPENAS, Laporan Kajian Manajemen Pengaduan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik. Jakarta: Bappenas. 2010.

N. L. Y. Lestari, Bandiyah, K. W. D. Wismayanti, Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Berbasis E-Government (Studi Kasus: Pengelolaan Pengaduan Rakyat Online Denpasar pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar Tahun 2014). Citizen Charter, ser. 2, vol. 1, pp. 1-12, Feb. 2015.

C. Paniagua, “Discovery and Push Notification Mechanisms for Mobile Cloud Services”, M.S, thesis, Ins. of Computer Science, University of Tartu, Tartu, 2012.

Institute of Electrical and Electronic Engineers. IEEE Standard Glossary of Software Engineering Terminology (IEEE Std 610.12-1990). New York, NY: Institute of Electrical and Electronics Engineers, 1990.

Y. S. Yilmaz, B. I. Aydin, M. Demirbas, Google Cloud Messaging (GCM): An Evaluation, IEEE GLOBECOM. Dec 8-12, 2014.

A. Nugroho,Rational Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek, Bandung: Penerbit Informatika, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.