APLIKASI PEMBELAJARAN KITAB MUKHTASOR JIDDAN BERBASIS ANDROID

Asriyanik Asriyanik, Achmad Taqiyuddin Al Islami

Abstract


Kitab Mukhtashor Jiddan adalah kitab yang wajib dikuasai isinya bagi siapapun yang ingin menjadi seorang pakar dan paham dalam bahasa Arab. Salah satu penulis Kitab Mukhtashor Jiddan adalah Abu Abdillah Muhammad bin Daud Ash-Shonhaji atau yang lebih dikenal dengan nama Syeikh Shonhaji.  Kitab ini  merupakan kitab paling dasar tingkatannya pada jajaran kitab Nahwu dan Sharaf. Ilmu Nahwu ini adalah ilmu dibutuhkan untuk mendalami kaidah bahasa Arab, di mana dengan bahasa itulah Al-Qur’an diturunkan.

Untuk memudahkan pembelajaran maka perlu dibuat  sebuah aplikasi yang berkonsep mobile sehingga lebih mudah untuk dibawa kemana-mana ketika para santri ingin mempelajarinya, tanpa harus membawa kitabnya secara langsung. Pembuatan aplikasi ini dirancang dengan menggunakan UML dan diimplementasikan dalam Java dan XML.

 Hasil dari implementasi perancangan adalah sebuah  aplikasi pembelajaran kitab mukhtashor jiddan berbasis android yang disertai latihan soal, audio dan skema yang berharkat yang terbagi ke dalam beberapa tahapan dalam memahami kaidah bahasa arab. Dengan adanya aplikasi Kitab Mukhtasor Jiddan berbasis Android dapat memudahkan proses pembelajaran terutama bagi pihak-pihak yang ingin mempelajari kitab tersebut.  


Full Text:

PDF

References


Latuheru, Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Masa Kini, Jakarta: Depdikbud, 1988.

Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.

Prof. H. Chatibul Umam, Terjemah Mukhtashar Jiddan., Tuban: Darul Ulum Press, 2015.

Rosa. A.S, M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2014.

Nazaruddin Safaat H, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika, 2011

Alhafsi, Riza Budiarta, Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Rukun Islam Berbasis Android, Palembang: STMIK MDP, 2013.

Meti Zuhaerotul Atiroh, Bunyamin, Eri Satria,"Rancang Bangun Aplikasi Fiqih Ibadah Shalat Berbasis Android", Jurnal Algoritma STT Garut, vol. 11 No. 1, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.