PEMBUATAN APLIKASI MYBORN BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: RSKIA SADEWA YOGYAKARTA)

Rahmadani Rahmadani, Rizqi Sukma Kharisma

Abstract


Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi yang bersifat open source hal ini mempengaruhi kemajuan dari teknologi komputasi mobile sehingga perangkat mobile handphone menjadi smartphone yang memiliki beragam fitur dan aplikasi didalamnya, perangkat ini seperti menjadi kebutuhan primer bagi penggunaanya.

 

RSKIA Sadewa adalah rumah sakit khusus ibu dan anak di Yogyakarta  yang berstandar international khususnya dalam hal pelayanan kesehatan ibu dan anak, berdasarkan observasi yang dilakukan pada rumah sakit ini ada beberapa pengembangan yang harus dilakukan pada perangkat officialnya salah satunya adalah penambahan perangkat aplikasi untuk memberikan penyuluhaan informasi kepada calon ibu hamil, ibu hamil, staff rumah sakit dan dokter untuk memberikan infomasi mengenai seputar masa subur dan kehamilan yang berbasis aplikasi.

 

Aplikasi Myborn ini dibuat menggunakan Android Studio yang memiliki cakupan system untuk mengetahui masa subur, HPL(Hari perkiraan lahir) Kick counter berfungsi untuk menghitung jumlah pergerakan bayi dalam kandungan), lama konstraksi fungsinya untuk mengetahui kontraksi palsu atau tidak, dan alaram pengingat untuk pemberian ASI pada bayi.


Full Text:

PDF

References


https://developer.android.com, (2015, Oktober)

https://www.rskiasadewa.com

Agus Heri Wibawa, “Aplikasi system informasi takaran gizi seimbang pada ibu hamil berbasis android”.Amikom.2011

Meylisa Bela Rahmatya, “Perancangan aplikasi informasi perkembangan janin berbasis android”.Amikom.2011

Widhya Wijaksono,” Pembuatan aplikasi menentukan masa ovulasi pada wanita menggunakan android”.Gunadarma.2011

H. Safaat, Nazruddin, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android,Bandung:Penerbit Informatika,2014

M.S, Rosa A.S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung:Informatika,2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.