MOBILE GAME 2D SIDE SCROLLING SWARNANGKARA SI PENJAGA HUTAN

Gde Sastrawangsa, I Gede Harsemadi, Made Upadana Surya

Abstract


Proyek penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kembali salah satu cerita rakyat Bali, Swarnangkara Si Penjaga Hutan. Cerita tersebut diangkat ke masyarakat dalam bentuk game yang dapat dimainkan dengan perangkat mobile bersistem operasi Android. Jenis game adalah 2D side scrolling yang terbagi dalam 3 level, salah satunya adalah level survival. Setiap level diawali dengan cerita dalam bentuk visual novel.

Tahap awal dari pembuatan game ini adalah melakukan pengumpulan data. Kemudian dilanjutkan dengan membuat konsep tokoh-tokoh dari kisah Swarnangkara Si Penjaga Hutan, yang dituangkan  pada konten-konten gambar maupun animasi yang kental dengan budaya bali sepanjang permainan game. Game dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman C#  pada Unity3D. Metode pengujian yang digunakan adalah metode blackbox.

Mobile game Swarnangkara Si Penjaga Hutan ini dapat menjadi salah satu media untuk mengenalkan dan melestarikan cerita rakyat Bali, serta mengangkat nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.


Full Text:

PDF

References


I.M.R. Pebi Rianada, “Rancang Bangun Game I Kambing Takutin Macan Dengan Bahasa Lua”, Skripsi Prodi Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali, 2015.

D. Setiawan, “Aplikasi Game Interaktif Malin Kundang Berbasis Android”, Skripsi Prodi Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali, 2015.

Arifman, “Game Olahraga Tradisional Budaya Pacu Itiak Sumatera Barat Berbasis Android”, Skripsi Prodi Sistem Informasi STMIK STIKOM Bali, 2015.

G. Ambara, “Rancang Bangun Aplikasi Game Pengumbaran I Siap Selem Berbasis Flash”, Skripsi Prodi Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali, 2009.

Sholiq, Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Obyek Dengan UML, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

T.S. Dimas, “Pembuatan Aplikasi Game Darkside Of The Moon”, Skripsi Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.