PERANCANGAN ADVERGAME SEBAGAI MEDIA PROMOSI GUDEG YU DJUM BERBASIS FLASH

Ahmad Bahrori, Sapto Priyatno

Abstract


Salah satu Gudeg  yang terkenal di Yogyakarta adalah Gudeg Yu Djum. Usaha yang sudah berdiri sejak tahun 1950 ini memiliki cita rasa yang khas sehingga masih bertahan sampai sekarang. Namun dengan persaingan di era global saat ini di perlukan media promosi yang menarik dan tidak perlu biaya besar. Media promosi yang dimaksud adalah advergame.

Advergame adalah media promosi yang banyak di gunakan oleh para pengembang game untuk promosi suatu produk atau brand. Alasan utama game bisa menjadi alat promosi dan pemasaran selain biaya yang tidak terlalu mahal karena sifat interaktif game antara pengguna (konsumen) dan media (game), sehingga pengguna akan mudah untuk mengingat produk atau merek dalam game.

Dari penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah game dengan tujuan utama sebagai media promosi Gudeg Yu Djum, selain itu game ini juga dapat dijadikan sebagai media informasi mengenai menu – menu yang ada pada gudeg.


Full Text:

PDF

References


Aji Setiawan, Perancangan Game Stronggos Berbasis Android, LTA D-III Kearsipan Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2015, hal. 2

AL Tridhonanto, Beranda Agency. 2011. Optimalkan Potensi Anak Untuk Game. Jakarta:Elex Media Komputindo.

Wibawanto Wandah, 2009, Memprogram Game Flash 3D itu Mudah, Yogyakarta: Andi.

Komputer Wahana. 2009. Adobe Flash CS5 Untuk Membuat Animasi Kartun. Yogyakarta: Andi.

Tri Hadiasto, Pembuatan Game “Gueg Airline” Menggunakan Construct 2, LTA D-III Kearsipan Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2015, hal. 1

Desiani, Annisa, 2013, "Memasarkan Brand Melalui Game". http://www.marketing.co.id/memasarkan-brand-melalui-game/, diakses tanggal 14 Maret 2014.

Halim, Ira Agustiana, 2012, Strategi Integrated Social Media Network Game: Penggunaan Advergame dalam Membentuk Customer Brand Engagement, Tesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.