PERANCANGAN GAME ANDROID “MY LAMPS” UNTUK KAMPANYE HEMAT ENERGI LISTRIK
Abstract
Pemanasan global merupakan ancaman yang semakin hari semakin dekat. Salah satu penyumbang terbesar pemanasan global adalah dari aktifitas manusia yang berhubungan dengan karbon dioksida dari tenaga listrik. Peran masyarakat untuk membantu pemerintah dalam program hemat energi sangatlah besar. Salah satu cara mendukung program hemat energi bisa berasal dari hal kecil seperti mengganti lampu pijar yang digunakan di rumah dengan lampu yang lebih hemat energi seperti lampu CFL dan LED. Namun, masalahnya kebanyakan masyarakat belum mengetahui bahwa ada lampu yang konsumsi energinya lebih hemat daripada lampu pijar, maka dari itu pengetahuan masyarakat tentang jenis lampu yang hemat dan boros energi perlu ditingkatkan dengan adanya sosialisasi atau kampanye dengan memanfaatkan teknologi yang ada dan dekat dengan kehidupan masyarakat saat ini seperti melalui game mobile. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat game guna membantu sosialisasi gerakan hemat energi sehingga dapat mendukung kampanye hemat energi. Metode penelitian yang akan digunakan adalah menggunakan kerangka kerja konseptual yang terdiri dari 3 tahap yakni, Analisis, Design dan Development. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah game “My Lamps” yang bisa dijadikan sebagai alat bantu sosialisasi gerakan hemat energi listrik.
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik (BPS). Indikator Perilaku Peduli Lingkungan Hidup-Hasil Survey Perilaku Peduli Lingkungan Hidup di 33 Ibu Kota Provinsi. Jakarta: Badan Pusat Statistik. 2012
Republik Indonesia. Instruksi Presiden Republik Indonesia. Jakarta: Sekretariat Kabinet RI. 2011
Iskdr. 2014. Sosialisasi Penghematan Energi di Kutai Kartanegara. http://distamben.kutaikartanegarakab.go.id/kabar.php?id=5 di posting pada tgl 06 Februari 2015
Suprapto, H., Rini, SE, Konsumsi Lampu Hemat Energi Naik 33%, http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/48879-konsumsi_lampu_hemat_energi_naik_33% di posting pada tanggal 13 April 2009
Amrullah, AZ. 2012. Analisis dan Perancangan Game Petualangan “Jumper” Berbasis Android. Naskah Publikasi
Daphne Geelen, David Keyson, Stella Boess and Han Brezet. 2012. Exploring the Use of a Game to Stimulate Energi Saving in Households. Journal of Design Research
Fauzi M, Cahyana R, Tresnawati D. 2013. Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Karies untuk Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut Vol. 10 No. 15
Top 8 Mobile Operating Systems in Indonesia from Dec 2014 to Dec 2015, http://gs.statcounter.com/#mobile_os-ID-monthly-201312-201412 diakses pada tanggal 30 April 2015
Comparison Chart LED Lights vs. Incandescent Light Bulbs vs. CFLs,http://www.designrecycleinc.com/led%20comp%20chart.html diakses pada tanggal 26 Mei 2016
Refbacks
- There are currently no refbacks.