PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ISLAMIC MENTORING SYSTEM (IMS) PADA LEMBAGA DAKWAH KAMPUS (LDK) FUMMRI STMIK RAHARJA TANGERANG BERBASIS MOBILE

Nanda Dian Prasetyo, Ellen Nindya Purwa, Sandy Rizky Putra Londah

Abstract


Lingkup pendidikan saat ini sangatlah begitu beragam, dari kegiatan berupa pengolahan fisik, akademik, bahkan hingga dengan kegiatan rohani. Berkegiatan di lingkungan rohani sendiri memiliki berbagai bentuk kegiatan Begitu juga dengan penyelenggaraan kegiatan di lingkungan kegiatan kegamaan pada unit kegiatan mahasiswa (UKM) FUMMRI STMIK Raharja Tangerang, merupakan wadah kegiatan agama islam yang ditujukan pada pribadi mahasiswa di lingkungan STMIK Raharja. Berbagai kegiatan yang ada menuntut UKM FUMMRI untuk semakin mengefisienkan bentuk administrasi dan komunikasi yang ada dalam penyampaian kegiatannya, salah satu bentuk kegiatan yang ada Mentoring, bentuk pembelajaran keagamaan secara kelompok antar 5-8 orang dalam kelompoknya. Selama ini proses penyampaian pembelajaran materi, komunikasi, dan administrasi masih berupa konvensional yaitu secara manual menulis baik materi pembelajaran, absensi secara teratur dan hanya berkomunikasi secara via komunikasi telepon, dengan hal tersebut sangat berdampak ketidak beraturan proses  administrasi kegiatan dan memiliki banyak kemungkinan data akan hilang, oleh sebab itu peneliti bermaksud membuat pengaplikasian kegiatan dalam sistem informasi Islamic Mentoring System (IMS) berbasis mobile yang nantinya bisa menjadikan informasi kegiatan terintegrasi dalam satu sistem informasi. Bentuk pengembangan sistem ini menggunakan langkah metode System Development Life Cycle(SDLC), dengan menggunakan pemodelan diagram UML package dalam perencanaan arsitektur aplikasi sistem yang akan dibangun, serta menggunakan pemrogrman PHP, Sistem Operasi Basic For Andorid sebagai pengembangan aplikasi.

Full Text:

PDF

References


Eko Indrajit, R, “Pengantar konsep dasar Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi”, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2000.

Al Fatta, Hanif, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern”, ANDI, Yogyakarta, 2007.

Endah Sulistiyowati, Eko, “Analisa Pelaksanaan Mentoring Dalam Pembentukan Konsep Diri Pelajar SMA Pada Lembaga ILNA YOUTH CENTER BOGOR”, Jurnal SKRIPSI, Universitas Islam Jakarta, Jakarta, 2009.

Khalid, Faisal, “Pembangunan Aplikasi Mobile Geographic Information Syste Hotel di Sumatera Barat”, Universitas Andalas, Padang, 2014.

Turban, Efraim,R.Kelly Rainer, “Introduction of Information Systems : Supporting and Transformation Bussiness (2nd ed)”, Jhon Wiley and Sons, New York, 2009.

Widodo Prabowo Pudjo, dan Herlawati, “Mennggunakan UML”, INFORMATIKA, 16-35, Bandung, 2011.

S, Rosa A dan M. Shalahudin, 2013, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek”, Informatika, Bandung, 2013.

Sulistyanto Wahyu Nugroho, Ema Utami, “Pembangunan Sistem Monitoring dan Penilaian Siswa Berbasis Web(Studi kasus: SMAN 4 Surakarta)”, Jurnal SKRIPSI, STMIK AMIKOM Yogyakarta. 2015.

Nur Adhani, Yuli Astuti, “Sisitem Informasi Kesekretariatan Unit Kerohanian Islam Jamaah Shohwatul Islam (UKI JASHTIS)”, Jurnal SKRIPSI, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.