PENGEMBANGAN WEB TOOL COMPUTERIZED ADAPTIVE TEST DENGAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK CLUSTERING SOAL DAN PEMILIHAN BUTIR TEST DENGAN FUZZY LOGIC

Agung Nur Hidayat, Arief Turbagus Nuril, Atyasa Anindita

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan Web Tool untuk menganalisa respon jawaban yaitu daya beda soal dan tingkat kesulitan soal, dan mengklusterkan soal sesuai dengan tingkat kesulitannya menggunakan algoritma K-Mean. Kemudian nilai tersebut dijadikan base data untuk model sistem inferensi dalam pengambilan keputusan untuk memberikan butir soal tes yang tepat sesuai dengan kemampuan peserta dengan menggunakan algoritma fuzzy logic berdasar respon peserta pada butir soal sebelumnya.

Dalam pengembangan Web Tool ini menggunakan metode prototype yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) pembentukan bank soal,(2)pengumpulan knowledge base dan pembentukan algoritma (rule), (3) pengembangan perangkat lunak, (4) testing, yaitu analisa soal dan penyajian computerized adaptive test.

Tujuan Web Tool ini adalah menyediakan tes adaptif yang sesuai dengan tingkat kemampuan user, sehingga penilaian bisa seobjektif mungkin. Untuk implementasi bisa digunakan sebagai tes seleksi, evaluasi, maupun memonitor perkembangan peserta.


Full Text:

PDF

References


Baumgartner, T.A., & Jackson, A.S. (1995). Measurement for evaluation in physical education and exercise science (5th ed.). New York: WCB Brown & Benchmark Publishers.

M. Goyal, D. Yadav and A. Choubey, "Fuzzy logic approach for adaptive test sheet generation in e-learning," 2012 IEEE International Conference on Technology Enhanced Education (ICTEE), Kerala, 2012, pp. 1-4.

Luger, G.F. (2005). Artificial intelligence, structure and strategies for complex problem solving (5th ed). New York: Addison Wesley.

Terano, T., Asai, K., & Sugeno, M. (1992). Fuzzy systems theory and its applications. New York: Academic Press, Inc.

C. Boopathiraj & K. Chellamani, “Analysis of Test Items on Difficulty Level and Discrimination Index in The Test for Research in Education” in International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, vol.2 (2), pp.189-193, February, 2013.

Braker, Frank B. (2001). The Basics of Item Response Theory. USA : ERIC Clearing House.

Ware Jr., John E.; Gandek, Barbara; Sinclair, Samuel J.; Bjorner, Jakob B., “Item response theory and computerized adaptive testing: Implications for outcomes measurement in rehabilitation” in Rehabilitation Psychology, Vol 50(1), Feb 2005, 71-78..

Hambleton, R.K. & Swaminathan, H, Item response theory, Boston, MA : Kluwer Inc, 1985.

Suri, Mutiah Pratama. 2013. Pengembangan Computerized Adaptive Testing (CAT) untuk Mendagnosisi Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran IPA (Fsika) SMP. Skripsi. Yogyakarta : UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.