SISTEM PREDIKSI HARGA CENGKEH DI JAWA BARAT MENGGUNAKAN MODEL GENERALIZED SPACE TIME AUTOREGRESSIVE

Hari Fajri Setiawan, Gunawan Abdillah, Agus Komarudin

Abstract


Cengkeh merupakan komoditi perkebunan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, cengkeh membawa dampak terhadap perekonomian petani Jawa Barat sehingga perlu meningkatkan informasi harga cengkeh mengingat harga cengkeh mengalami fluktuatip, mengakibatkan petani kesulitan mendapatkan informasi harga cengkeh karena itu diperlukan suatu metode untuk memprediksi harga cengkeh sebagai bahan pertimbangan bagi petani ataupun pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengambil keputusan.

Pada penelitian menghasilkan sistem yang dapat memprediksi harga cengkeh dalam kurun waktu tiga bulan kedepan menggunakan model Generalized Space Time Autoregressive (GSTAR) dimana 432 data yang diolah dihasilkan dari dinas perkebunan Jawa Barat, Tahapan dalam proses prediksi pertama menentukan penaksiran parameter harga cengkeh menggunakan least squere,  mencari nilai bobot menggunakan matriks bobot seragam dan tahapan terakhir melakukan perhitungan prediksi menggunakan GSTAR sehingga menghasilkan sistem prediksi harga cengkeh dalam rentang waktu tiga bulan kedepan.

Hasil pengujian perhitungan metode yang dilakukan dengan membandingakan perhitungan manual dan perhitungan sistem memiliki persentase kemiripan 91,65% dengan hasil yang didapatkan maka metode GSTAR dapat digunakan untuk memprediksi harga cengkeh, membantu petani mendapatkan informasi harga sebagai alat bantu pengambilan keputusan saat menetukan nilai jual cengkeh

Full Text:

PDF

References


Nella, Naomy Daukaju, "Prilaku Harga Dalam pemasaran Cengkeh di Indonesia," EEP, vol. 1. No., pp. 22-28.

Nelson Nainggolan, Yohanes A.R. Langi, Rahmadania Paita, "Model Space Time Autoregressive (STAR) Orde 1 Dan Penerapannya Pada Prediksi Harga Beras Di Kota Manado, Tomohon Dan Kabupaten Minahasa Utara," JDC, vol. 3 No. 1, Maret 2013.

Prisandy D. E, "Penerapan Metode GSTAR (Generalized Space Time Autoregressive) untuk Meramalkan Data Penjualan Rokok di Tiga Lokasi," Jurnal Ilmiah Widya Teknik, vol. 7 , no. 2, pp. 199-210, 2008.

Youla M.A. Latupeirissa, "Model Generalized Space Time Autoregressive (GSTAR) Orde 1 dan Penerapannya pada Prediksi Harga Beras di Kota Bitung, Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Selatan," jdC, vol. 3, Maret 2014.

Tarno, Lina Irwanti, "Peramalan Indeks Harga Konsumen 4 Kota di Jawa Tengah menggunakan Generalized Space Time Autoregressive (GSTAR)," Jurnal Gaussian, vol. 4, No. 3, no. ISSN: 2339-2541, pp. 553 - 562, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.