DETEKSI DAN TERAPI NERVOUS DISEASES MENGGUNAKAN EXPERT SISTEM DENGAN METODE FORWARD DAN BACKWARD CHAINING

Paryati Paryati, Yudiyanta Yudiyanta

Abstract


Sistem  syaraf pada manusia terdiri dari syaraf pusat dan syaraf tepi. Syaraf pusat mempunyai fungsi utama untuk mendeteksi, menganalisa, dan menghantarkan informasi. Informasi dikumpulkan oleh sistem sensorik diintegrasikan di otak dan sinyal akan diteruskan ke sistem motorik dan jalur otonom untuk mengontrol gerakan, aktivitas viseral, dan fungsi-fungsi endokrin. Semua aksi dikontrol oleh syaraf yang saling berhubungan membentuk jaringan signaling terdiri dari sistem sensorik dan motorik. Sistem syaraf memiliki fungsi imunitas dan mendukung fungsi serta memodulasi aktivitas syaraf. Penyakit syaraf  banyak ditemukan jenisnya dikarenakan kurangnya informasi dan pengetahuan tentang  penyakit tersebut. Maka peneliti membuat penelitian ini menggunakan metode penalaran fordward dan backward chaining disertai terapi penyembuhan dan cara pengobatannya. Sistem ini dibuat agar para penderita dapat mengerti dan memahami jenis penyakit syaraf  pusat beserta terapi penyembuhan dan cara pengobatannya. Sistem ini memberikan beberapa solusi pencegahan penyakit sesuai dengan jenis penyakitnya. Metodologi pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Software aplikasi yang digunakan untuk membuat program aplikasi ini adalah Dreamweaver MX, XAMPP, Adobe Photoshop, MySQL, Opera / Mozila Firefox. Hasil penelitian berupa program aplikasi yang dapat membantu user mengetahui  jenis penyakit syaraf pusat dan memberikan informasi yang luas mengenai penyakit syaraf pusat serta mengetahui cara pengobatan juga terapi penyembuhannya.

Full Text:

PDF

References


M. Arhami, “Konsep Dasar Sistem Pakar, Andi Offset, Yogyakarta, 2005.

R. BJorklund, “Cerebral Palys”, New York, Marshall Cavendish Benchmark, 2007.

Z. Ikawati, “Farmakoterapi Penyakit Sistem Syaraf Pusat”, Bursa Ilmu, Yogyakarta, 2011.

Kusrini, “Sistem Pakar dan Teori Aplikasi”, Andi Offset, Yogyakarta, 2006.

S. Kusumadewi, "Artificial Intellegence (Teknik dan Aplikasinya)”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003.

R.Miller and S.J Bachrach, “Cerebral Paly: A Complete Guide For Caregiving Baltimore" Johns Hopkinds University Press, 2006.

B. Nugroho, “Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL”, Gava Media, Yogyakarta, 2004.

R.Pressman, “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu)”, Andi Offset, Yogyakarta, 2002.

Sutarman, “Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003.

B. Yuwono, “Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Mengidentifikasi Jenis Dan Penyakit Pada Bunga Mawar”, Jurnal Telematika, Informatika UPN ”Veteran” Yogyakarta, 2008.

B. Yuwono, “Sistem Pakar Diagnosa penyakit Ayam Menggunakan Perintah Suara”, Jurnal Telematika, Informatika UPN ”Veteran” Yogyakarta, 2011.

W. Kaswidjanti, “Sistem Pakar Menggunakan Mesin Inferensi Fuzzy untuk Menentukan Hama dan Penyakit Tanaman Bawang Merah”, Jurnal Telematika, Informatika UPN ”Veteran” Yogyakarta, 2006.

Video, “Nucleus Medical Media All Rights Reserved”, 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.