SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT BUAH NANAS MENGGUNAKAN ALGORITMA BAYES BERBASIS WEB

Vhyrga Purnama Dewa, Ade Pujianto, Muhhamad Hatta Putra

Abstract


Sistem pakar adalah cabang kecerdasan buatan yang menggunakan pengetahuan/ knowledge khusus untuk memecahkan masalah pada level human expert/pakar. Salah satu penerapan sistem pakar dalam bidang pertanian adalah untuk melakukan diagnosa penyakit pada tanaman. Pada makalah ini dilakukan perancangan dan pembuatan sistem pakar yang digunakan untuk membantu menentukan diagnosa suatu penyakit yang diawali dari gejala utama penyakit pada tanaman buah nanas untuk menentukan saran atau solusi pengobatan kepada para petani buah nanas.

Masalah ketidakpastian pengetahuan dalam sistem pakar ini diatasi dengan menggunakan metode probabilitas Bayesian. Proses penentuan diagnosa dalam sistem pakar ini diawali dengan sesi konsultasi, dimana sistem akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan kepada petani sesuai gejala utama penyakit tanaman buah nanas.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah sistem pakar untuk melakukan diagnosa penyakit pada tanaman buah nanas beserta nilai probabilitas dari penyakit hasil diagnosa, yang menunjukkan tingkat kepercayaan sistem terhadap penyakit tersebut dan saran atau solusi pengobatan kepada para petani buah nanas

Full Text:

PDF

References


Kusrini. 2016. Sistem Pakar Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta. Andi Offset.

Natalius, Samuel. 2010. Metode Naive Bayes Classifer dan Penggunaannya Pada Klasifikasi Dokumen. Skripsi, Prodi Sistem dan Teknologi Informasi : Institut Teknologi Bandung.

Aziz, Abdul. 2014. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ikan berbasis Web. Skripsi, Prodi Teknik Informatika : STMIK Amikom Yogyakarta.

Gama, A. Adhitama. 2015. Sistem Pakar Deteksi Dini Penyakit Herniated Nucleus Pulposus (HNP) Berbasis Web menggunakan Teorema Bayes. Skripsi. Prodi Teknik Informatika : STMIK AMIKOM Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.