PENERAPAN ALGORITMA APRIORI ASSOCIATION RULE UNTUK ANALISA NILAI MAHASISWA DI UNIVERSITAS GUNADARMA

Margi Cahyanti, Maulana Mujahidin, Ericks Rachmat Swedia

Abstract


Pada penelitian ini diterapkan metode apriori association rule untuk melihat aturan asosiasi nilai dan matakuliah pada mahasiswa universitas gunadarma jenjang diploma tiga jurusan teknik komputer dari tahun 2000 sampai tahun 2005 untuk nilai D dan nilai E, atau berarti mencari aturan asosiasi untuk nilai yang mengulang pada 75 matakuliah yang telah diambil.  Min_support yang diinput adalah 100 (±5% dari rata-rata jumlah data yang sebanyak 1800), dan min_confidence yang diinput adalah 60%.

Dari hasil analisa terlihat bahwa aturan yang memiliki nilai support vs confidence terbesar terjadi pada aturan IF Praktikum Algoritma dan Pemrograman THEN Pengantar Sistem Komputer.  Hal ini berarti bahwa kecenderungan mahasiswa jika mengulang matakuliah praktikum algoritma dan pemrograman juga mengulang matakuliah pengantar sistem komputer, dengan confidence rata-rata sebesar 83,84%.   Confidence terbesar terdapat pada tahun 2004 yaitu sebesar 88,67%.


Full Text:

Untitled PDF

References


Jiawei, H, Kamber, Micheline Data Mining:Concepts and Techniques Morgan Kaufmann, 2001.

Ulmer, David; “Mining an Online Auctions Data Warehouse. The Mid-Atlantic Student Workshop on Programming Languages and Systems”. 19 April 2002. Pace University. . [Diakses: 25 November 2016]

Budhi G.S, Lim, R dan Prayitno, “Penggunaan Metode Fuzzy C-Covering untuk Analisa Market Basket pada Supermarket”, Jurnal Informatika Vol. 6, No. 1. Mei 2005.

Larose, D.T, Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining, John Wiley & Sons, Mei 2005.

Tang, Z dan MacLennan, J, , Data Mining with SQLServer 2005, Wiley Publishing, Indianapolis, 2005.

Dilly, Ruth, Data Mining: An Introduction, Queens University Belfast, 2004.

R Agrawal; R Srikant “Fast Algorithms for Mining Association Rules”, Proceedings of the 20th VLDB Conference Santiago, Chile, 1994.

R. Agrawal, T. Imielinski, and A. Swami December “Database mining: A performance perspective”, IEEE Transactions on Knowledge and Data Engineering, 1993.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.