INOVASI TEKNIK MATCHMOVING UNTUK MENGGANTIKAN ADEGAN BERBAHAYA DALAM PEMBUATAN FILM

Mei Parwanto Kurniawan, Barka Satya

Abstract


Meningkatnya angka kecelakaan yang terjadi pada proses syuting adegan berbahaya dalam beberapa dekade terakhir menjadi catatan tersendiri dalam industri perfilman global. Berbagai cara dilakukan untuk meminimalisir resiko kecelakaan mulai dari memodifikasi skenario hingga mengevaluasi derajat resiko adegan berbahaya yang akan difilmkan. Untungnya, saat ini perkembangan teknologi dapat membantu proses pengambilan adegan berbahaya tanpa ada resiko kecelakaan di lokasi syuting.  

Salah satu teknik yang digunakan adalah matchmoving yang merupakan bagian dari teknologi CGI (Computer Generated Imagery). Matchmoving memungkinkan pengambilan syuting adegan berbahaya yang dapat meminimalisir bahkan menghilangkan sama sekali resiko kecelakaan syuting tanpa harus memodifikasi skenario asli dalam film.                  

Penelitian ini akan menjabarkan tentang teknik matchmoving adegan berbahaya dalam film tanpa beresiko mempertaruhkan nyawa aktor atau pun kru film lainnya.


References


Malditochroma website,. Motion tracking. http://www.malditochroma.com/services.html. 19 November 2016

Okun, Zwerman. The ves handbook of visual effect. Visual Effects Society. Elsevier Inc. 2010.

Okun, Jeffrey A.; Zwerman, Susan. Visual Effects Siciety Handbook of Vsiual Effects: Industry Standard VFX Practices and Procedures. Focal Press.; Elsevier ISBN: 978-0-240-81242-7. 2010.

Tim, D. Matchmoving: The Invisible Art of Camera Tracking. Serious Skills. John Wiley & Sons, Inc., New York. 2012.

Richard, K. The VES Handbook of Visual Effects, Visual Effects Society, Industry Standard VFX Practices and Procedures. Elsevier, Inc., California. 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.