SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DAN PEMILIHAN MITRA BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) KABUPATEN GUNUNGKIDUL MENGGUNAKAN METODE SAW BERBASIS WEB

Putri Hari Ikhtiarini, Bety Nurlitasari, Hafidz Alda Hanifa

Abstract


Decision Support Systems (DSS) atau sering dikenal dengan Sistem Pendukung Keputusan adalah alat bantu para pengambil keputusan untuk memecahkan masalah tanpa menggantikan penilaian mereka. Sistem Pendukung Keputusan merupakan suatu pendekatan (atau metodologi) untuk mendukung pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan dilakukan dengan melihat kriteria – kriteria yang telah ditentukan.

 

Sistem ini menggunakan metode SAW untuk memecahkan masalah penilaian dan pemilihan mitra.. Metode SAW merupakan metode yang dapat menghasilkan alternatif – alternatif sebuah keputusan berdasarkan kriteria. Setelah pengumpulan kriteria tersebut akan dilakukan perhitungan untuk mencari alternatif terbaik.

Hasil akhir sistem ini adalah sebuah Sistem Pendukung Keputusan untuk menilai dan memilih mitra terbaik yang layak mendapat pekerjaan. Dengan demikian, dapat diketahui kinerja setiap mitra untuk kemudian dapat diketahui mitra mana yang layak untuk mendapat pekerjaan. 

Full Text:

PDF

References


E.Tuban, J.Aronson dan T.P. Liang, Decision Support Systems and Intelligent Systems, Edisi 7, New Jersey: Pearson Education, Inc, 2005.

Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. : Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM) : Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu, 2006..

Edgar Aryo Ferdika “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Kontrak Pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Semarang”, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, 2015..

Ariyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik dengan Metode SAW Studi Kasus Pamella Swalayan”, Fakultas Sains dan Teknologi, Univeristas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.