PERANCANGAN CGI ANIMASI 3D SHOOT MOVIE PADA FILM “FIGHTING STIKOMAN TECHNOLOGY”

Ketut Gus Oka Ciptahadi

Abstract


Animasi merupakan suatu teknik yang banyak dipakai dalam dunia film. Saat ini banyak yang bermunculan berbagai macam film animasi 3D yang beraneka ragam cerita dan adegannya terlihat natural. Dalam penerapan terkait dengan 3D, STIKOM Bali memiliki maskot yang bernama Stikoman. Stikoman ini berbentuk manusia dengan menggunakan atribut semi tradisional Bali. dengan memiliki ciri karakter seperti menggunakan kacamata, jas biru, kamen putih poleng, udeng, mengenakan bunga jepun, bersayap berwarna merah dan menggunakan sandal. Maskot Stikoman masi digambarkan dalam bentuk grafis 2D. namun dalam penelitian ini penulis akan membuat Stikoman dalam dibuat bentuk 3D dengan versi technology berbentuk karakter manusia menyerupai super hero dengan ciri karakter berjubah perang, memakai helm, menggunakan pedang dan tameng serta menggunakan kacamata. Pada penelitian sekarang ini penulis bertujuan untuk  menghasilkan video animasi 3D yang nantinya dapat dijadikaan referensi kepada mahasiswa atau calon animator didalam merancang film animasi berikutnya. Ditambah lagi dapat memberikan penambahan wawasan terkait teknik animasi 3D yang dipakai penulis dalam tahap produksinya. Dikarenakan penelitian ini menghasilkan sebuah produk, maka penulis didalam menyelesaikan penelitiannya menggunakan metode Research and Development serta menggunakan pendekatan Teknik blendshape, computer graphic image (CGI) & slow motion didalam menyelesaikan proses produksi animasinya. Ditambah dengan pengujian kelayakan hasil animasi 3D menggunakan angket kuisioner dengan jumlah responden 30 responden. Dari 30 responden itu merupakan prakktisi animasi dan multimedia. Hasil animasi 3D akan  diuji berdasarkan aspek multimedia, komponen multimedia dan menilai hasil pergerakan animasi.


References


Aditya, Panduan Mudah Membuat Visualisasi 3D Arsitektural, Jakarta:Griya Kreasi, 2012.

Djalle, Zaharuddin, Purwantoro, Edi & Dasmana, Demi, 3D Animation Using 3DstudioMax, Bandung: Informatika,2010.

Dantes Nyoman, Metode Penelitian, Yogyakarta: Andi, 2012.

Febriyanto Saputro, “Perancangan Karakter dan Animasi Bertarung pada Film Animasi 3D”, Jurnal Dasi ISSN: 1411-3201 Vol. 13 No. 2, JUNI 2012.

[5] Hallas, John & Manvell, Roger, The Technique Of Film Animation, London: The Local Press, 1971.

Hendratman & Hendi, The Magic Of 3D Studio Max, Bandung: Informatika, 2008.

Ibiz Fernandes, Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide, Yogyakarta: Andi, 2007.

Pujiyanto, Iklan Layanan Masyarakat, Yogyakarta: Andi, 2013.

Ramadhan, Arief, 36 Jam Belajar Komputer 3D Max 7: Jakarta. ElexmediaKomputindo, 2006.

[10] Sarwono Jonathan, Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi, 2006.

Susetyo Budi, Statistika Untuk Analisa Data Penelitian, Bandung: PT Refika Aditama, 2012.

Widyatama, Rendra, Teknik Menulis Naskah Iklan, Yogyakarta: Cakrawala, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.