PENERAPAN ALGORITMA ANALITYCAL HIRACY PROCESS DALAM PEMILIHAN BEASISWA PADA SMA KALUKUBULA

Dewi Kusumawati

Abstract


Pembagian beasiswa dilakukan oleh beberapa lembaga atau sekolah untuk membantu seseorang yang kurang mampu ataupun berprestasi selama menempuh studinya. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan.

Untuk menentukan layak tidaknya , banyak kriteria yang dijadikan  penilaian pemilihan inii. Salah satu metode sistem pengambilan keputusan dalam menentukan persoalan yang melibatkan multi kriteria adalah dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP).

Pada penelitian ini dibangun sistem aplikasi yang menggunakan metode AHP berbasis web. Aplikasi ini digunakan untuk membantu  melakukan penilaian  dan  dapat dijadikan masukan bagi user dalam mengambil keputusan pemilihan beasiswa yang layak menjadi yang terbaik

Full Text:

PDF

References


Noor Ramadhani, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Penerima Beasiswa,” Journal speed-sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. 8, no. 1, , 2016.

Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta, 205.

Saaty, Thomas L, “Decision Making With The Analityc Hierarchy Process,” International Journal Of Services Sciences,.,Vol 1, pp.83-97, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.