SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU SMA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCCES (AHP) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP)

Wilman Alfarezi Ariefiandi, Gunawan Abdillah, Ridwan Ilyas

Abstract


Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Untuk itu, sekolah selalu mendorong peningkatan kinerja guru dan meningkatkan kualitas sistem manajemen tenaga kependidikan. Pembuatan sistem pendukung keputusan ini merupakan salah satu cara untuk membantu dalam melakukan penilaian kinerja guru SMA di Kota Bandung. Kriteria yang dinilai dalam penilaian kinerja guru ini berdasarkan kompetensi yang ada, meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi social, dan kompetensi professional, dimana terdapat sub kriteria yang berjumlah 14. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan bobot dari 14 kriteria yang diuji dan Weighted Product (WP) digunakan untuk menentukan nilai alternatif tertinggi atau nilai kinerja guru tertinggi berdasarkan bobot yang telah ditentukan dengan proses perankingan. Sistem Pendukung Keputusan ini menghasilkan suatu alternatif keputusan yang dapat dipergunakan sebagai alat pemecahan masalah dalam menentukan guru yang memiliki kinerja terbaik yang selama ini dilakukan secara manual oleh pihak sekolah

Full Text:

PDF

References


M. Nadeak, "Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru dengan Metode Topsis (Studi Kasus SMP Parulian 1 Medan)," Informasi dan Teknologi Ilmiah(INTI), vol. V, no. 2, pp. 84-89, 2015.

Fitriadi and D. Irawan, "Penentuan Prioritas Usulan Peserta Sertifikasi Guru Menggunakan FMADM," JUTISI, vol. II, no. 1, pp. 287-296, 2013.

R. Artika, "Penerapan Analytical Hiearchy Procces(AHP) Dalam Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Pada SD Negeri 095224," Pelita Informatika Budi Darma, vol. IV, no. 3, pp. 123-128, 2013.

M. Hamka and S. A. Wibowo, "Sistem Pendukung Keputusan Dosen Berprestasi Berdasarkan Kinerja dan Pengabdian Masyarakat," in LPPM UMP, Purwokerto, 2014.

S. and S. Wahyuningsih, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Penggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Jurnal Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 33-40, 2014.

T. Muflizar, "Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru di SDN Mohamad Toha Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)," Konferensi Nasional Sistem & Informatika, pp. 581-586, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.