SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN JURUSAN DI MAN II YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ALGORITMA TOPSIS

Brima Surya Prayoga, Windha Mega Pradnya

Abstract


Dunia pendidikan di Indonesia masih mempunyai sekian banyak rintangan, salah satunya yaitu penentuan penentuan jurusan yang tepat bagi siswa SMA berdasarkan pertimbangan yang tepat.  Keputusan memilih jurusan untuk siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri II Yogyakarta merupakan keputusan penting untuk masa depan mereka. Dengan pertimbangan yang matang, siswa dapat memperoleh jurusan yang tepat, sesuai dengan pertimbangan kriteria nilai Ujian Nasional(UN), Tes Psikologis, Tes Potensi Akademik(TPA), dan minat siswa.

                SPK(Sistem Pendukung Keputusan) merupakan salah satu alat bantu dalam menentukan keputusan. Dengan adanya SPK dapat membantu pengambil keputusan dalam memberikan alternatif- alternatif keputusan jurusan yang tepat bagi siswa, dimana hasil keputusan sebagai bahan untuk membantu guru dalam mengambil keputusan. Proses pengambilan jurusan ini dengan cara mempertimbangkan nilai Ujian Nasional(UN), Tes Psikologis, Tes Potensi Akademik(TPA), dan minat siswa tersebut dengan menggunakan algoritma topsis.

                Algoritma TOPSIS merupakan sebuah metode yang digunakan untuk membuat urutan ranking berdasarkan hasil perhitungan, dengan penilaian bobot kriteria yang di tentukan. Jurusan siswa MAN II Yogyakarta yaitu IPA, IPS, Bahasa, dan Agama. Sistem ini dapat menentukan jurusan siswa yang tepat berdasarkan ranking dari hasil perhitungan algoritma TOPSIS  dan kuota kelas.

Full Text:

PDF

References


Kristanto Obbie, “Penerapan Algoritma Klasifikasi Data Mining ID3 Untuk Menentukan penjurusan Siswa SMAN 6 Semarang,” Semarang: SMAN 6 Semarang, 2014.

Dian Novita Handayani, Fitro Nur Hakim, Achmad Solechan. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Jurusan Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute Decision Making Dengan Metode Simple Addictive Weighting Studi Kasus Pada SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang,” Semarang: SMA Sultan Agung 1 Semarang, 2014.

Agung N.Pramudhita, Hadi Suyono, Emi Yudaningtyas, “Penggunaan Algoritma Multi Creiteria Decesion Making dengan Metode Topsis dalam Penempatan Karyawan,” Malang: Jurnal EECCIS 2015.

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi. Yogyakarta. 2007.

Setyawan, B., Sistem pendukung Keputusan Rekrutmen Guru dengan Metode TOPSIS, Jurnal Teknik Informatika Vol. 04 No. 01, ISSN : 1907 – 9834. 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.