PERANCANGAN BLUEPRINT KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA PENGELOLAAN PROYEK DI PT.SWAMEDIA INFORMATIKA

Anna Dara Andriana, Gentisya Tri Mardiani

Abstract


Knowledge menjadi salah satu kebutuhan utama bagi perusahaan untuk meningkatkan efektivitas proses bisnisnya. Hal ini menumbuhkan kesadaran dari perusahaan akan pentingnya aset knowledge (intangibel asset) dibandingkan dengan sumber daya perusahaan yang lain. PT SWAMEDIA INFORMATIKA merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultan layanan di bidang IT. Selama lebih dari satu dekade, PT SWAMEDIA INFORMATIKA telah membuat berbagai macam aplikasi yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan-pelanggannya. Perusahaan menganggap  knowledge merupakan asset yang sangat penting, namun, selama ini pengelolaan knowledge dalam perusahaan belum terdokumentasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat perancangan Knowledge Management System (KMS) menggunakan 10-step Knowledge management Roadmap, diharapkan dengan adanya KMS ini, maka permasalahan kesulitannya transfer knowledge sebagai aset yang sangat penting bagi perusahaan dapat diatasi. Dari hasil  analisis yang telah dilakukan sampai dengan step ke-6 dapat disimpulkan bahwa untuk membangun sebuah knowledge management system yang baik, knowledge management system harus memliki fungsi collaborative communication, karena komunikasi merupakan fungsi utama dalam penciptaan knowledge dari para knowledge worker diperusahaan . Dan platform yang diusulkan berbasis WEB yang diakses melalui jaringan internet. Selain diperlukan kebutuhaan-kebutuhan system yang sesuai dengan keadaan perusahaan juga perlu didorong oleh kesadaran para knowledge worker dan regulasi atau kebijakan dari pihak management .


Full Text:

PDF

References


Bergeron, Bryan. 2003. Essentials of Knowledge Management. New Jersey: John Willey & Sons, Inc.

Davenport. Thomas & Prusak, Laurence, 1998. Working Knowledge: How Organizations Manage What They Know. Harvard: Harvard Business Press.

Davidson, C. & Voss, P. H. 2002. Knowledge Management: An Introduction to Creating Competitive Advantage from Intellectual Capital. Auckland, N.Z: Tandem Press

Tiwana, A, 2002. The Knowledge Management Toolkit: Orchestrating IT, Strategy, and Knowledge Platforms (2nd Edition). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.