SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LETAK PENYEBARAN TEMPAT PARIWISATA DI KABUPATEN MAJALENGKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIJKSTRA

Ade Bastian, Abdul Kholik, Miftahuddin Al-Aziz

Abstract


Sektor pariwisata merupakan salah satu potensi produktif yang sampai saat ini terus di kembangkan. Potensi dan kekayaan wisata di Kabupaten Majalengka yang banyak tempat wisata namun kurang promosi dari pemerintah mendorong penulis untuk membangun sebuah Sistem Informasi Geografis.

Dari sisi wisatawan atau pengunjung, informasi wisata ini dibutuhkan untuk merencanakan perjalanan dari tempat tinggal atau tempat asal menuju ketempat tujuan wisata. Selain agar mendapatkan gambaran yang jelas mengenai keadaan tempat yang akan di kunjungi, wisatawan juga dapat menyiapkan biaya dan perlengkapan yang sesuai untuk perjalanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Informasi tersebut antara lain menyangkut tempat wisata, akomodasi, dan jarak menuju tempat wisata.

Letak tempat wisata di Kabupaten Majalengka tersebar diberbagai kondisi demografi. Jarak antar objek wisata yang berjauhan, dapat dirancang sistem informasinya untuk menentukan jarak terpendek menggunakan metode dijkstra.


Full Text:

PDF

References


Al-Bahra Bin Ladjamudin., “Analisis dan Desain Sistem Informasi”, Graha Ilmu, Yogyakarta. 2013

Antonio Gusmao, Sholeh Hadi Pramono, Sunaryo., “Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web dan Pencarian Jalur Terpendek dengan Algoritma Djikstra”, Jurnal EECCIS, Volume 7, No 2, Fakultas Teknik Elektro Universitas Brawijaya, Malang. 2013.

Ary Meirian., “Sistem Informasi Kepariwisataan Kabupaten Majalengka Berbasis Android Dengan menggunakan Eclipse”, Skripsi, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Majalengka, Majalengka. 2014.

Budi Raharjo., “Belajar otodidak membuat database menggunakan MySQL, Study kasus : membuat toko buku online”. 2011.

Denny Manongga, Samuel Papilaya, Selfiana Pandie., “Sistem Informasi Geografis Untuk Perjalanan Wisata di Kota Semarang”, Jurnal Informatika, Volume 10, No 1, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Semarang. 2009.

Disbudpora Majalengka., “Profil Pariwisata Kabupaten Majalengka Tahun 2014-2015”, Majalengka. 2016.

Eka Prasetya, dan Adhy Sugara., “Sistem Informasi Pencarian Dan Penjualan Barang Berbasis Web Pada Toko Bagus”, Jurnal Teknologi Dan Informatika, Volume 1, Nomor 2. 2011.

Oktaria, Pio dan Sari, Y.P., “Rancang Bangun SIstem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palembang”. 2013.

Parno S.Kom., “Konsep Dasar SIstem Informasi”. 2015.

Pendit, Nyoman S., “Ilmu Pariwisata”, PT. Pradnya Paramita, Jakarta. 2002.

Pratomo Setiaji., “Sistem Informasi Geografis Objek Wisata di Kabupaten Kudus”, Jurnal Sains dan Teknologi, Volume 4, Nomor 2, Fakultas Teknik UMK. 2011.

Priyanto Hidayatullah., “Visual Basic.NET Membuat Aplikasi Database dan Program Kreatif , Study Kasus : Aplikasi Penjualan”. 2014.

Purwani Wisantisari., “Penyajian Informasi Pariwisata Di Kabupaten Tegal Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)”, Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang, Semarang. 2005.

Rosa, A.S, dan Shalahuddin, M., “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek” Informatika, Bandung. 2013.

Rudi Hermawan, Siska Iriani., “Perancangan Sistem Informasi Geografis Tempat Pariwisata Kabupaten Pacitan Berbasis Web”, Jurnal Keamanan dan Jaringan, Pacitan. 2012.

W Gulo, “Metode Penelitian”, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta. 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.