KONSEP PERANCANGAN PAPAN INFORMASI DIGITAL UNTUK INFO PERKULIAHAN KOSONG PADA STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Acihmah Sidauruk, Laude Pirera Ardi, Raynaldi Fatih Amanullah

Abstract


Informasi merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi,karena merupakan hal penting dalam pengambilan sebuah keputusan. Informasi yang disampaikan harus tepat waktu, relevan dan akurat sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat dan informasi dapat tersampaikan kepada orang yang tepat.

      Bagian pengajaran STMIK AMIKOM yogyakarta merupakan suatu bagian yang berfungsi sebagai bagian operasional yang menangani proses perkuliahan di kelas pada STMIK AMIKOM Yogyalarta. Kegiatan perkuliahan pasti akan mengalami jam kosong apabila dosen berhalangan untuk hadir. Secara prosedur apabila ada kegiatan perkuliahan yang kosong dosen harus menghubungi bagian pengajaran atau mahasiswa untuk menginfokan bahwa perkuliahan kosong. Selain itu tidak jarang perkuliahan yang harus berpindah ruang dikarenakan fasilitas diruangan yang tidak mendukung berlangungnya perkuliahan saat itu, seperti AC mati, LCD Proyektor bermasalah dan sebagainya. Untuk itu dosen harus menghubungi ruang pengajaran untuk mencari ruang kosong agar perkuliahan dapat tetap berlangsung.

      Pada penelitian ini, peneliti akan merancang sebuah sistem informasi yang dapat digunakan sebagai media penyampaian informasi jam perkuliahan kosong dan informasi ruang kosong secara digital atau terkomputerisasi.

      Hasil dari perancangan pada penelitian ini adalah sebuah rancangan sistem informasi papan informasi digital untuk info perkuliahan kosong di STMIK AMIKOM  Yogyakarta yang dikembangkan dalam bentuk aplikasi Web.


Full Text:

PDF

References


Dennis.,Wixom., Roth., 2006, Systems Analysis and Design, 3rd Edition Copyright 2006 © John Wiley & Sons, Inc. PowerPoint Presentation, All rights reserved

Kusrini. 2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Andi:Yogyakarta.

Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Pustaka Belajar:Yogyakarta.

Kadir, Abdul. 2013. Pengenalan Algoritma. Andi

:Yogyakarta.

Ramakrishnan, Raghu & Johannes Gehrke. 2003. Sistem Manajemen Database. Edisi Ketiga. Diterjemahkan oleh:Tim Penerjemah ANDI. Penerbit Andi.

Utami, Ema. 2008. RDBMS Menggunakan MS SQL Server 2000. Grha Ilmu : Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.