SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF DATA PENDIDIKAN KABUPATEN BULELENG BERBASIS WEB

I Wayan Swendra Putra Arta, I Wayan Gede Narayana, Kadek Dwi Pradnyani Novianti

Abstract


Dunia Pendidikan di Kabupaten Buleleng sampai saat ini terus berkembang baik di bidang akademik maupun non akademik. Tetapi untuk saat ini informasi itu sangat kurang di publik oleh sekolah-sekolah yang berada di Kabupaten Buleleng, yang ada cuma informasi pamflet dan sosialisasi yang dilakukan oleh beberapa pihak sekolah ke beberapa sekolah. Jadi itu kurang efektif untuk menyebarkan informasi tersebut karena tidak semua pihak pelajar mengetahui informasi tentang sekolah tersebut. Solusi yang dibutuhkan adalah suatu sistem informasi eksekutif data pendidikan di kabupaten Buleleng, baik itu data guru, siswa, sekolah, dan data inventaris sekolah serta statistik masing-masih sekolah. Dalam pembuatannya diperlukan suatu bahasa pemrograman yang dapat membantu seorang programer dalam merancang, mendeskripsikan dan memasukkan data, bahasa pemrograman PHP dapat digunakan dalam membuat sistem yang dinamis. Dalam pembuatan Sistem Informasi Eksekutif Data Pendidikan ini melalui beberapa tahapan antara lain analisa sistem, perancangan program dan implementasi sistem. Pada tahap analisa sistem dilakukan pembuatan skema proses perancangan. Kemudian pada tahap perancangan program dilakukan desain antarmuka. Pada tahap implementasi dilakukan pembuatan program sesuai dengan rancangan yang telah dibuat dan dilanjutkan dengan pengujian program dan fungsi sistem sudah berjalan dengan baik sesuai dengan hasil pengujian. Berhasil merancang dan membangun Sistem Informasi Eksekutif Data Pendidikan Kabupaten Buleleng yang menggunakan konsep web.


Full Text:

PDF

References


Admin, “Website Resmi Pemerintahan Kabupaten Buleleng”, Buleleng [Online]. Tersedia: http://bulelengkab.go.id [Diakses 14 Juni 2016].

Austin, CJ., “Information System for Hospital Administrations”. Michigan, 1983.

Nugroho, Bunafit, “Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL”. Gava Meida : Yogyakarta, 2008

Ostarisa, Edo, “Sistem Informasi Eksekutif Berbasis Web Pada Fuel Retail Marketing PT. Pertamina UPMS V Surabaya”. STIKOM Surabaya, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.