PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PORTAL SEMINAR DAN JURNAL BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODE IGNITER

Silvester Dian Handy Permana, Rudi Setiawan

Abstract


Dosen merupakan salah satu komponen yang penting dalam pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Tujuan pendidikan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yang memiliki pengetahuan dan keterampilan, membuat pentingnya peran, tugas dan tanggung jawab seorang dosen. Oleh karena itu, untuk mewujudkan fungsi tersebut, diperlukan dosen yang profesional. Tugas utama dosen adalah melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) sks dan paling banyak 16 (enam belas) sks pada setiap semester sesuai dengan kualifikasi akademik yang dimilikinya.

 

Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari 3 poin, yaitu: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dengan melaksanakan tri dharma perguruan tinggi ini, dosen dapat naik jenjang jabatan akademiknya. Jenjang jabatan akademik dosen dipengaruhi oleh sistem penilaian angka kredit yang dihitung dari pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Survey kecil yang kami lakukan menujukkan bahwa dosen mengabaikan jenjang jabatan akademiknya. Padahal, jenjang jabatan akademik dapat menaikkan tunjangan profesi sesuai dengan PP No 37 Tahun 2009 Pasal 8 Ayat 1. Menurut pedoman penilaian angka kredit jabatan fungsional yang diumumkan Dikti, bahwa setiap poin dari tri dharma perguruan tinggi memiliki porsi yang berbeda-beda dalam menentukan jenjang jabatan akademik. Berdasarkan hasil survey, banyak dosen yang kurang dalam bidang penelitian dan pengembangan. Hal tersebut diakibatkan kurangnya pengetahuan dosen mengenai bidang penelitian dan pengembangan yang kualifikasi akademik yang dimilikinya.

 

Penelitian ini akan membantu dosen dalam menginformasikan berbagai seminar dan jurnal. Informasi ini akan membantu dosen dalam meningkatkan nilai angka kredit dosen. Penelitian ini akan menghasilkan website yang mengandung segala informasi mengenai kegiatan publikasi baik berupa seminar maupun jurnal dari dalam dan luar negeri. Dari hasil penelitian ini ingin mengurangi kurangnya pengetahuan mengenai kegiatan publikasi dalam seminar maupun jurnal.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2014. Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen. Jakarta

Hariwijaya, M. 2008. Pedoman Penulisan Ilmiah Proposal dan Skripsi. Tugu Publisher.

Hartono, Jogiyanto, 1999. Analisis dan Design Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis, Andi Publisher.

Jayakarta, STIE dan STMIK. 2015. Pengertian Seminar. (Online) (http://www.jayakarta.ac.id/pengertian-seminar/diakses pada 19 Maret 2015 Jam 09.55)

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain. Yogyakarta. Andi Publisher.

Mira. 26 Februari 2015. Tujuan Seminar. (Online) (http://paketseminar.com/general/tujuan-seminar/ diakses pada 19 Maret 2015 Jam 12.00)

Permana, Silvester Dian Handy. "Analisa Dan Perancangan Aplikasi Point Of Sale (POS) Untuk Mendukung Manajemen Hubungan Pelanggan." Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 2.1 (2015): 20-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.