IMPLEMENTASI METODE SUPPORT VECTOR MACHINE PADA SISTEM PENGENALAN JEJAITAN

Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, Kadek Dwi Pradnyani Novianti, I Wayan Sumalya

Abstract


Jenis jejaitan untuk keperluan Upakara sangat beraneka ragam memiliki motif yang susah dibedakan antara yang satu dengan yang lain. Pada penelitian ini objek yang digunakan adalah gambar sampel jejaitan yang umum digunakan sehari-hari, Pengolahan citra digital digunakan untuk mengekstrak fitur dari objek yang diteliti, fitur yang diambil pada penelitian ini adalah 7 fitur HU moment invariant dan nilai bit yang mewakili setiap piksel pada gambar. Proses klasifikasi digunakan metode Support Vector Machine multiclass “one again one”. Sistem ini dibangun berbasis desktop dengan menggunakan bahasa pemrograman c#, Accord.Net, dan Afforge.Net. Konsep perancangan yang digunakan untuk pengembangan sistem adalah perancangan terstruktur konteks diagram, Data Flow Diagram level 0, Data Flow Diagram level 1, dan Entity Relationship Diagram. Sistem ini mencapai akurasi 78% dengan 50 buah data training dan 50 buah data testing, dan mencapai 80% dengan 50 buah data training dan 20 buat data testing. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Support Vector Machine memiliki kemampuan klasifikasi yang sangat baik.


Full Text:

PDF

References


. Krishna, Indra, Sangeeta, December 2010, SVM-BDT PNN and Fourier Moment Technique for Classification of Leaf Shape, International Journal of Signal Processing, Image Processing and Pattern Recognition, Vol 3 No 4.

. Kadir, Nugroho and Santosa, July to Aug 2011, Leaf Classification Using Shape, Color, and Texture Features, International Journal of Trends and Technology.

. Munir, Rinaldi. “Pengolahan Citra Digital”, Bandung: Informatika; 2013.

. C. Gonzales Rafael, and E. Wood Richard, 2008, Digital Image Processing Third Edition, New Jersey, Pearson Education.

. Huang, Leng, Analysis of HU’s Moment Invariants on Image Scaling and Rotation, IEEE, 2010;

. Jiawei Han, and Micheline Kamber. Data Mining: Concepts and Techniques second edition, San Fransisco, Morgan Kaufmann Publisher; 2006.

. Sembiring Krisantus. “Penerapan Teknik Support Vector Machine untuk Pendeteksian Intrusi pada Jaringan.” Bandung :Institut Teknologi Bandung; 2007.

. Pressman SR. Software Engineering A Practitioner’s Approach. 5th ed. New York: Mc Graw Hill; 2001.

. Garcia-Molina H, Ullman JD, Widom J. Database System The Complete Book. 2nd ed. United States of America: Pearson Prentice Hall; 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.