PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, KUALITAS LAYANAN, DAN PARTISIPASI PENGGUNA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM : STUDI KASUS PADA BAGIAN OPERASIONAL VSAT IP PT. SEMESTA CITRA MEDIA
Abstract
Penggunaan sistem informasi merupakan sebuah investasi yang pada umumnya tidaklah murah, oleh sebab itu guna mengetahui keberhasilan dari sistem informasi yang telah diimplementasikan maka sebuah evaluasi perlulah dilakukan. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian tesis ini dilakukan untuk mengevaluasi sistem informasi yang telah diimplementasikan. Salah satu bentuk evaluasi terhadap sistem informasi adalah dengan mengukur kepuasan pengguna.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan dan Partisipasi Pengguna terhadap Kepuasan Pengguna Sistem. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner dalam memperoleh data dan informasi untuk dianalisis, dengan sampel sebanyak 38 orang. Analisa data dilakukan dengan analisa regresi sederhana dan regresi berganda antara variabel independen dan variabel dependen. Penelitian ini menggunakan Uji F untuk menguji kelayakan model dan Uji t digunakan untuk mengetahui signifikasi dari pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan dan Partisipasi pengguna berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna Sistem secara parsial maupun simultan. Penelitian ini di bantu dengan software SPSS versi 21.
Full Text:
PDFReferences
Avesiana, "Pengaruh Kualitas Perangkat lunak Sistem Informasi HRD Terhadap Kepuasan User sebagai Pengguna Sistem pada Bagian HRD Group Summarecon". M.M, Thesis, Universitas Budi Luhur, 2013.
DeLone, W.H and McLean, E.R. ” Information System Success:The Quest for the Dependent Variabel.” Information System Research Vol.3 No.1. 1992.
DeLone, W.H and McLean, E.R. “The DeLone and McLeon Model of Information System Success: A Ten Year Update”. Journal of Management Information System (19;4), 2003, pp 9-30,1992.
Fadla, Eva, " Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas pelayanan Sistem Informasi Mobile Entry terhadap Kepuasan Penguna pada PT. BCA Finance Cabang Bekasi". M.M, Thesis, Universitas Budi Luhur, 2014.
Fuat, et al. (2012),”Sistem Informasi Operasional VSAT IP Pada PT SCMedia”. FTI, KKP, Universitas Budi Luhur, 2012.
Gable, et al. “Enterprise System Success; A measurement model. Proceedings of the Twenty-Fourth International Conferance on Information Systems”. Hal 576-591, 2003.
Ifinedo,P, Extending the Gable dkk. “Enterprise Systems Success measurement model: a prelimary study”. Journal of Information Technology Management, Vol. 17, No. 1, Halaman 14-33, 2006.
Ifinedo, P. “Enterprise Resource Planning Systems Success Assessment; An Integrative Framework Jyvaskyla”, University of Jyvaskyla,153 p. (Jyvaskyla Studies in Computing, ISSN 1456-5390;64), 2006.
Jogiyanto, HM. “Sistem Informasi Strategik”. Yogyakarta:Andi, 2005.
Livari, J. “An Empirical Test of the DeLone and McLean Model of Information System Success”. Data Base for Advances in Information Systems. ABI/INFORM global pp.8-27, 2005.
Pramesti, Getut. “Smart Olah Data Penelitian dengan SPSS 21”. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2013.
Raymond McLeod, Jr. “Sistem Informasi Manajemen Edisi 7 Jilid 2”. Prenhallindo, Jakarta, 2001.
Sarwono, Jonathan. Suhayati, Ely. “Riset Akuntansi Menggunakan SPSS”. Graha Ilmu, Yogyakarta, 2010.
Sekaran, Uma. “Research Methods for Business”. Edisi 4 Buku 1 dan 2. PT. Salemba Empat, Jakarta, 2006.
Seddon, P. B, “ A respecification an extension of the DeLone and McLeon model of IS success”. Information System Research, 8, 240-253, 1997.
Seddon P.B. and Kiew, M. Y. “A partial and development of DeLone and McLean’s model of IS success”. Australian Journal of Information System, 4(1),pp 90-109, 1994.
Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Alfabeta, Bandung, 2011.
Sugiyono, “Statistika untuk Penelitian”, Cetakan Keenam, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2004.
Refbacks
- There are currently no refbacks.