MODEL SISTEM INFORMASI BUSINESS INTELLIGENCE MAHASISWA DENGAN METODE OLAP DI PROGRAM STUDI XYZ

Rani Susanto, Tati Harihayati, Utami Dewi Widianti

Abstract


Program Studi (Prodi) XYZ adalah Prodi dengan jumlah mahasiswa yang cukup besar dan memungkinkan akan semakin bertambah besar setiap tahunnya. Prodi XYZ memiliki tujuan strategi bisnis untuk meningkatkan kualitas lulusannya agar lulusan yang dihasilkan oleh Prodi ini memiliki IPK tinggi dan lulus tepat pada waktunya.

Business Intelligence adalah aplikasi, teknologi dan metodolodi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan menyediakan akses ke data untuk membantu pengguna enterprise untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Model yang dibangun menggunakan Metode OLAP (Online Transfer Protocol) sebagai pendekatan analisis untuk menyajikan jawaban dari permintaan proses yang bersifat dimensional secara cepat sehingga menjadi dasar pengambilan keputusan bisnis yang mengacu pada Key Performance Indicators atau disingkat KPI.

Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan maka dibutuhkan suatu model sistem informasi business intelligence mahasiswa dengan metode OLAP  dapat membantu Kaprodi selaku stakeholder untuk mengetahui informasi yang berhubungan dengan data mahasiswa serta data kelulusan.


Full Text:

PDF

References


Efraim Turban, Ramesh Sharda, Dursun Delen, David King, and Janine E Aronson, Business Intelligence A Managerial Approach, 2nd ed.: Prentice Hall, 2011.

Carlo Vercellis, Business Intelligence : Data Mining and Optimization for Decision Making, 1st ed.: A John Willey and Sons, Ltd, 2009.

W. H Inmon, Building The Data Warehouse, 3rd ed.: A John Willey and Sons, Ltd, 2002.

David Parmenter, Key Performance Indicator - Developing, Implementing, and Using Winning KPIs.: John Willey & Sons, Inc, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.