SYSTEM ANTRIAN PELAYANAN PASIEN PADA KLINIK AL FAUZAN DENGAN JAVA NETBEAN DAN DATABASE MYSQL

Bay Haqi, Jonser Sinaga

Abstract


Klinik adalah suatu fasilitas kesehatan publik kecil yang didirikan untuk memberikan perawatan kepada pasien luar. Biasanya klinik hanya mengobati penyakit-penyakit ringan seperti demam dan sebagainya, sedangkan kasus-kasus yang lebih parah diajukan ke rumah sakit. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien, sudah saatnya sebuah klinik dilengkapi dengan aplikasi komputer untuk menangani pasien yang seringkali harus antri panjang untuk mendapatkan pelayanan medis. Aplikasi antrian berbasis desktop dapat membantu pasien untuk mendaftar secara cepat dan efektif. Pada klinik menerapkan aturan antrian First Come First Served (FCFS) yaitu pasien yang mendaftar terlebih dahulu yang akan mendapatkan pelayanan. Aplikasi antrian juga dapat membantu petugas klinik untuk mengelolah data-data pasien tanpa harus di repotkan memanggil pasien satu persatu. Petugas klinik tinggal menekan tombol pada aplikasi antrian untuk memajukan nomor antrian berikutnya jika pasien sudah selesai dilayani. 


Full Text:

PDF

References


Taha, Hamdy A. Operations Research: an introduction Eighth Edition. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall., 2007, 552.

Dwijanto. Riset Operasi, Karisma, 2008, 98.

Huda Miftakhul, Trik Rahasia Pemograman Database dengan Java, Elexmedia, 2010.

Pressman, Roger S. Software Engineering a Practitione’s Approach. New York: McGeraw-Hill, 2010, 28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.