DESAIN DAN PENGUJIAN SISTEM INFORMASI JASA PENGIRIMAN BARANG STUDI KASUS : PT. XYZ

Budi Iskandar, Agus Umar Hamdani

Abstract


PT. XYZ adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang baik untuk perusahaan maupun perorangan. Jumlah transaksi yang meningkat membuat usaha ini perlu meningkatkan pelayanan untuk melayani para pelanggannya. Oleh sebab itu perusahaan ini membutuhkan sebuah sistem  informasi yang cepat dan akurat untuk dapat meningkatkan layanan jasa pengiriman barang kepada pelanggannya. Penelitian ini memodelkan sistem usulan yang sesuai dengan kebutuhan  pengguna. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan Object-Oriented Analysis and Design (OOAD) untuk menganalisa dan memodelkan sistem usulan, pengembangan aplikasi menggunakan Microsoft Visual Net 2010 dengan database SQL Server 2008, serta pengujian sistem usulan menggunakan teknik Black Box Testing dengan skor penilaian untuk pengujian sistem menggunakan skala Likert. Hasil akhir yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebuah model sistem informasi jasa pengiriman barang berbasis desktop yang diharapkan dapat membantu pihak manajemen dalam memberikan layanan yang optimal kepada pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Sri Utami, Setyaningsih. Pengaruh Teknologi Informasi dalam Perkembangan Bisnis. Jurnal Akuntansi dan Sistem Informasi, Volume 8, April 2010, No.1, hal: 26-34, Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi, Surakarta.

Handayani, Ririn. Analisis Faktor-faktor yang Menentukan Efektivitas SI pada Organisasi Sektor Publik. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 2006, Volume 12, No 1, hal: 26-34, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti, Surakarta.

Indrayani, Henni, Penerapan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan, Jurnal El-Riyasah, Volume 3 No. 1, 2012, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam NegeriS Syarif Kasim, Riau.

Pebruati Tj, Sri Eka, Handayani, Siti Ragil dan Z.A. Zahroh, Pengaruh Aplikasi Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Perusahaan, Jurnal Profit, Volume 7 No. 1, 2013, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Widajanti, Erni, Peran Teknologi Informasi untuk mencapai Keunggulan Kompetitif, Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, Volume 6 No. 1, 2008, hal: 60-71, Fakultas Ekonomi, Universitas Slamet Riyadi, Surakarta.

Tantra, Rudy, Manajemen Proyek Sistem Informasi, Yogyakarta : Penerbit Andi Press, 2012.

Whitten, Jeffrey L, et all, Metode Desain dan Analisis Sistem, Edisi 6, Edisi Internasional, Mc GrawHill, Yogyakarta : Penerbit Andi Press, 2004.

A. S., Rosa and Salahudin, M., Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Bandung : Penerbit Modula, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung : Penerbit Alfabeta, 2012.

Betram, Dane, Likert Scales Are The Meaning of Life, http://poincare.matf.bg.ac.rs/~kristina/topic-dane-likert.pdf (diakses pada tanggal 21 November 2016)

Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2. Jakarta : Penerbit Salemba Empat, 2009.

http://kbbi.web.id/kirim

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta, 2007.

Sutopo, H. B., Metode Penelitian Kuantitatif, Surakarta : Universitas Sebelas Maret, 2006.

Moleong, L. J., Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta, 2008.

Suharsaputra, Uhar, Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung : PT. Refika Aditama, 2012.

Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1998.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.