DETEKSI CARDIOVASCULAR MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN METODE RICH INTERNET APPLICATION

Paryati Paryati, Yudiyanta Yudiyanta

Abstract


Serangan cardiovascular (jantung) merupakan kematian otot jantung disebabkan halangan yang tiba-tiba dari arteri koroner oleh pembekuan darah. Arteri koroner adalah pembuluh darah yang mensuplai otot jantung dengan darah dan oksigen. Halangan dari arteri koroner menghilangkan darah dan oksigen dari otot jantung sehingga menyebabkan luka pada otot jantung. Luka pada otot jantung menyebabkan nyeri dan tekanan dada. Jika aliran darah tidak dipulihkan lagi dalam waktu 20 sampai 40 menit, maka kematian otot jantung tidak dapat dikembalikan lagi akan mulai terjadi. Otot berlanjut mati enam sampai delapan jam pada waktu dimana serangan jantung sepenuhnya. Penyebab serangan jantung terjadi karena terjadi penyumbatan arteri koroner setelah pecahnya plak ateroklerotik yaitu tumpukan asam lemak dan sel darah putih pada dinding arteri koroner yang memasok darah ke jantung. Plak yang pecah menciptakan gumpalan-gumpalan bekuan darah. Jika bekuan darah cukup besar dapat menutup seluruh arteri yang mengakibatkan serangan jantung. Sebagian besar penyakit cardiovascular disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang memberikan kontribusi untuk pengerasan arteri, tingkatan kolesterol jahat yang tinggi karena diet yang tidak terkontrol dengan tingkatan tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Hal itu menambah pembentukan lesi aterosklerosis dan akhirnya arteri yang dapat merusak lapisan pembuluh darah dan menghalangi transportasi oksigen dan nutrisi ke jantung yang dapat menyebabkan resiko serangan jantung. Maka penulis membuat riset deteksi cardiovascular menggunakan multimedia interaktif dengan metode RIA. Perangkat lunak yang mendukung dalam pembuatan aplikasi ini adalah Adobe Flash CS3, Action script serta Dreamweaver CS3. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah multimedia dengan tahapan konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing). Aplikasi ini bertujuan untuk dapat dimanfaatkan sebagai media informasi dan pembelajaran bagi penderita cardiovascular dan bagi user tentang definisi penyakit cardiovascular, penyebab, macam-macam penyakit, gejala, cara pencegahan serta cara pengobatannya.


Full Text:

PDF

References


Darma, S.Jarot, “Buku pintar menguasai multimedia”, PT.Transmedia, Jakarta, 2009.

D. Hawari, “Penyakit Jantung Koroner”, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, 2011.

L.Hakim, “Rahasia Inti Master PHP MySQLi (improved)”, Yogyakarta : CV. Lokomedia, 2014.

Kabo, Peter Z, “Penyakit Jantung Koroner Penyakit atau Proses Alamiah?”, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, 2011.

Lisana, “Pembuatan Aplikasi Multimedia untuk Membantu Pembelajaran Geometri”, Prosiding Snasti STIKOM Surabaya, 2008 hal 456-460.

MADCOMS, “Mahir dalam 7 Hari Adobe Flash CS6”, Yogyakarta; Andi, 2013.

B. Nugroho, 2004, Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL, Gava Media, Yogyakarta.

I.Soeharto, “Penyakit Jantung Koroner Dan Serangan Jantung, Pencegahan, Penyembuhan serta Rehabilitasi”, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, 2011.

A.H, Sutopo, “Multimedia Interaktif dengan Flash”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003.

M.Suyanto, “Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing”, Andi Offset, Yogyakarta, 2003.

Sutarman, “Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003.

T.Wahyuni,” Model Pembelajaran Experiential Kolb Dengan Visualisasi Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Fisika Dasar Listrik ( Studi Kasus : Teknik Informatika Universitas Majalengka)”, Prosiding Semnasif UPN ”Veteran” Yogyakarta,2015 hal 292-307.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.