PENGEMBANGAN MODUL CETAK DAN VISUALISASI ALGORITMA PEMROGRAMAN DASAR UNTUK SMK KELAS X

Anni Faiqoh, Nafisa Firmania, Aji Prasetya Wibawa

Abstract


Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang secara intensif mempelajari Pemrograman Komputer merupakan subjek yang wajib menguasai hal-hal yang berkaitan dengan pemrograman komputer. Salah satu cara untuk mencapai penguasaan terhadap aspek tersebut adalah melalui mata pelajaran Algoritma Pemrograman Dasar (APD). Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK terdapat beberapa masalah dalam proses pembelajaran mata pelajaran tersebut, yaitu hingga saat ini pembelajaran APD masih dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan presentasi sehingga penyampaian materi dengan metode tersebut kurang interaktif dan komunikatif, belum adanya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013, dan sebagian besar peserta didik tidak dapat memvisualisasikan pemikirannya pada materi pembelajaran sehingga mengalami kesulitan dalam memahami materi APD. Beberapa hal tersebut berdampak pada hasil perolehan nilai ulangan harian peserta didik. Hampir 50% dari jumlah peserta didik belum mampu memenuhi nilai KKM. Tujuan dari pengembangan ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa modul cetak yang dilengkapi dengan visualisasi APD berdasarkan kurikulum 2013 dan menguji kelayakannya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian dan pengembangan visualisasi ini adalah model pengembangan Sadiman (2012)  


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Atsnan, M.F & Gazali, Rahmita Yuliana. 2013. Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, ISBN : 978-979-16353- 9-4, diakses 5 November 2015.

Bintari, Angger.2013. Buku Ajar Perencanaan Lilitan Motor Listrik Satu Fasa Dan Tiga Fasa Berbasis Software Delphi Untuk Mahasiswa Teknik Elektro Di Universitas Negeri Malang.Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Teknik Elektro FT UM.

Dahlina, Nur Fitria. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran VisualisasiLogika Pemrograman Graph Berbasis Website pada Mata Kuliah Algoritma dan Struktur Data untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Teknik Elektro FT UM.

Departemen Pendidikan Nasional.2002.Teknik Belajar dengan Modul. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hariyanto, Guruh. 2011. Definisi Visualisasi, Animasi dan Simulasi, dan Contoh,(Online),(http://skp.unair.ac.id/repository/web_pdf/web_ definisi_visualisasianimasi_da_guruh_hariyanto.pdf), diakses 18 Februari 2015.

Harviyansyah, Seprizal. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi 3D pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Software untuk Siswa Kelas X SMK Program Keahlian TKJ

Maulana, Wildan.2014. Pengembangan Bahan Ajar Visual Basic Untuk Siswa SMK Kelas X Program Keahlian RPL. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Teknik Elektro FT UM.

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tantang Standar Proses, (Online), (http://bsnp-Indonesia.org/id/?p=1239), diakses 10 Februari 2015.

Rahayu, Melinda Nur. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Standar Kompetensi Algoritma Pemrograman Dasar SMK Kompetensi Keahlian RPL. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Teknik Elektro FT UM.

Sadiman, dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Saniman dan Fathoni, Muhammad. 2008. Pengantar Algoritma dan Pemrograman, (Online), (http://lppm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/6BEB3-OKJurnal13- Sani-MF-Algo1-1.pdf, diakses pada diakses 10 Februari 2015.

Suryana, Edi. 2012. Visual Thinking dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter Bangsa. (Online). (http://jurnal.upi.edu/file/Edi_S,pdf, diakses pada 10 Februari 2015.

Wijaya, Cece.1992.Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.