MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI CSR OLEH PERUSAHAAN LQ 45 DI INDONESIA

Ati Harmoni, Marliza Ganefi, Hanum Putri Permatasari

Abstract


Paper ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang media sosial yang digunakan sebagai sarana komunikasi CSR oleh perusahaan LQ 45 di Indonesia. Potensi media sosial sebagai sarana komunikasi dilakukan dengan menggunakan kerangka kerja Honeycomb of Social Media. Berdasarkan penelusuran terhadap web resmi perusahaan diperoleh data bahwa 19 perusahaan mencantumkan media sosial dalam webnya. Media sosial yang paling banyak digunakan adalah twitter, facebook, dan youtube. Penelitian terhadap media sosial resmi perusahaan dengan menggunakan kerangka kerja Honeycomb of Social Media, memperlihatkan bahwa perusahaan LQ 45 menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menunjukkan identitas, kehadiran, berbagi, dan percakapan. Berdasarkan isu terkait CSR, isu yang paling banyak dikemukakan lewat media sosial adalah Hubungan Masyarakat, Barang dan Jasa, dan Tindakan Sosial.


Full Text:

PDF

References


A. Harmoni, “Pemanfaatan Laman Resmi sebagai Media Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan/CSR pada Perusahaan di Indonesia”, Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Vol. 1 No. April 15, 2010.

A. Harmoni, “Management’s Need for Web Based CSR Communication: Application of Media Richness Theory”, .Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Vol. 16 No. 3, Desember, 2011

A. Harmoni, “Official Website As A Means Of Stakeholder Dialogue On Corporate Social Responsibility”, Proceeding International Conference on Eurasian Economies, EECON 2012. Turan University, Almaty – Kazakhstan, Oktober 11-13 , 2012.

J.H. Kietzmann, K. Hermkens, I.P. McCarthy, and B. S. Silvestre,”Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media”, Business Horizons, 54, 241-251, 2011.

A.M. Kaplan and M. Haenlein,”Users of the world, unite! The challenges andopportunities of Social Media”, Business Horizons, 53(1), 59-68, 2010.

P. Capriotti and A. Moreno,”Corporate Citizenship and Public Relations: The Importance and Interactivity of Social Responsibility Issues on Corporate Websites”, Public Relations Review, Vol 33, pp. 84-91, 2007.

V. -J. Ros-Diego and A. Castelló-Martínez,”CSR communication through online social media”, at Revista Latina de Comunicación Social, 067, pages 047 to 067. La Laguna (Tenerife, Canary Islands): La Laguna University, retrieved on 12th of March of 2012, from http://www.revistalatinacs.org/067/947_ UA/03_AraceliEN.html DOI: 10.4185/RLCS-067-947-047-067- EN/ CrossRef link, 2011.

M. Etter, Mette Morsing, Itziar Castello,”Barriers to Dialogue- Organizational challenges for CSR communication in social media”, CSR Communication Conference, Armsterdam, Oktober, 2011.

E. Bittner, J. M. Leimeister, “Towards CSR 2.0 - Potentials and Challenges of Web 2.0 for Corporate Social Responsibility Communication”, In: Proceedings of the 11th Academy of Management Annual Meeting, Tallinn, Estonia, June 1-4, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.