APLIKASI PEMBELAJARAN SENI KALIGRAFI BERBASIS MULTIMEDIA DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH BOJONGSANA

M. Al’ Amin, Achmad Rizal

Abstract


Media pembelajaran berbasis multimedia merupakan sarana yang dapat memberi rangsangan bagi siswa untuk terjadinya proses belajar, mengajar lebih baik sehingga diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar siswa. Pada MDA Bojongsana, Suradadi, Tegal dalam mengajarkan materi kaligrafi yaitu guru mengajarkan dengan menggunakan kapur di papan tulis, padahal cara tersebut berbeda dengan praktiknya ketika siswa diberi tugas membuat kaligrafi dalam ukuran besar yang peralatannya menggunakan dua buah pensil yang di ikat. waktu pembelajaran yang terbatas dan kurangnya peralatan yang mendukung juga membuat pembelajaran kaligrafi ini tidak maksimal. Untuk mengatasi nya maka diusulkan alat berbasis multimedia sebagai media pembelajaran Seni Kaligrafi di MDA Bojongsana, Suradadi, Tegal. Dalam pembuatan media pembelajaran kaligrafi ini menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Live Cycle (MDLC), tahapannya sebagai berikut : Konsep, Perancangan, Pengumpulan bahan, Pembuatan, Pengujian dan Tahap Distribusi. dengan menggunakan Adobe Flash CS6, Corel Draw dan Adobe Photoshop sebagai pengolah gambar, Cool Edit Pro untuk mengolah suara sehingga hasilnya layak, dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Kaligrafi MDA ini dapat membantu siswa untuk memahami tentang materi serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri bagi siswa.


Full Text:

PDF

References


Khoiri, Ilham, 1999, Al-Qur’an Dan Kaligrafi Arab, PT Logos Wacana Ilmu, Tanggerang.

Simamora, NS.Roymond, M.Kep., 2008, Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Sutopo,Ariesto Hadi, 2002, Animasi dengan Macromedia Flash Berikut Actionscript Edisi I. Penerbit Salemba Infotek,Jakarta.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha Ilmu. Yogyakarta

Vaughan,Tay.2004. Multimedia : Making It Work,Sixh Edition.McGrwa-Hill Companies,Inc.

Dhani Ariatmanto & Rizky “Pemanfaatan Teknologi Multimedia pada pembuatan iklan majalah digital” Semnasteknomedia ISSN : 2302-3805, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.