PENERAPAN F-TOPSIS DALAM ANALISIS FUNDAMENTAL BERDASARKAN RASIO KEUANGAN UNTUK MENUNJANG KEPUTUSAN BERINVESTASI SAHAM

Angger Binuko Paksi

Abstract


Investasi saham merupakan satu dari sekian banyak pilihan berinvestasi yang semakin diminati oleh berbagai kalangan. Dalam berinvestasi saham, pergerakan nilai saham suatu perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dengan demikian dibutuhkan suatu analisis dan tindakan yang tepat dalam berinvestasi di pasar saham agar seorang investor dapat berinvestasi sesuai kebutuhannya.Salah satu caranya dengan analisis fundamental. Analisis fundamental merupakan metode analisis yang menitikberatkan pada data-data kunci yang ada dalam laporan keuangan suatu perusahaan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. Rasio keuangan merupakan alat untuk mengevaluasi kinerja perusahaan berdasarkan datadata yang ada pada laporan keuangan. Rasio keuangan secara umum meliputi rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, rasio profitabilitas dan rasio pasar. Metode FTOPSIS (Fuzzy Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) menggunakan prinsip bahwa alternatif yang terpilih harus mempunyai jarak terdekat dari solusi ideal positif dan terjauh dari solusi ideal negatif untuk menentukan kedekatan relatif dari suatu alternatif dengan solusi optimal, penggunaan bilangan fuzzy dalam metode ini memberikan efektifitas dalam menentukan nilai matriks keputusan. Dari pengolahan data laporan keuangan akan didapatkan hasil analisis rasio keuangan yang nantinya akan diproses dengan metode TOPSIS untuk menghasilkan rekomendasi berinvestasi saham dari beberapa alternatif perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia.  


Full Text:

PDF

References


Liembono, RH., Analisis Fundamental, Jakarta: bei5000, 2014.

Nofriansyah, Dicky., Konsep Data Mining VS Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Lestari, Sri., “Implementasi Metode Fuzzy Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) Untuk Seleksi Penerimaan Karyawan”, in Tesis S2 Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2011.

Laymond S, Rajim., “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Saham Berbasis Web Dengan Pemodelan AHP (Analytic Hierarchy Process) Dan Analisis Rasio Keuangan”, in Tesis S2 Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2013.

Hartama, Dedy, “Seleksi Dosen Berprestasi Menggunakan Fuzzy- TOPSIS ,” in Proc. KeTik 2014, pp. 219-224, November 2014.

Setyawan, Yan Satria., “Implementasi Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) Sebagai Pendukung Keputusan Investasi Pada Perusahaan Berdasarkan Rasio Keuangan (Studi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar di BEI Periode 2013)”, in Jurnal PTIIK Universitas Brawijaya, vol. 5, no. 10, 2015.

Lumentut, Hence B., “Sistem Pendukung Keputusan untuk memilih Budidaya ikan air tawar menggunakan AF-TOPSIS”, in Tesis S2 Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2015.

Heri., Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Rasio Keuangan, Yogyakarta: CAPS, 2015. [9] Wahyudiono, Bambang., Mudah Membaca Laporan Keuangan, Jakarta: Raih Asa Sukses, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.