IMPLEMENTASI INFRASTRUCTURE AS A SERVICE DENGAN EUCALYPTUS DALAM PEMBUATAN VOICE OVER IP BERBASIS TRIXBOX DI SMK SYUBBANUL WATHON MAGELANG

Muhammad Ridwan Nurkholis, Hendrat Moko, Rico Agung Firmansyah

Abstract


Kita ketahui saat ini perkembangan dunia teknologi informasi sangat pesat, khususnya dalam perkembangan bidang komputasi awan. Komputasi awan mempunyai hubungan erat dengan virtualisasi server. Pada sekarang ini kebutuhan server semakin meningkat serta semakin mahalnya harga distribusinya. Salah satu solusi dalam mengatasi hal tersebut dan terciptanya sebuah efisiensi adalah membuat sistem virtualisasi server.

Pada SMK Syubbanul Wathon Magelang dalam praktek berkomunikasi antara guru dan pihak UPT ketika ada permasalahan di dalam LAB sekolah masih dilakukan dengan cara manual. Sehingga waktu proses belajar mengajar akan terganggu. Penggunaan sistem VoIP berpeluang memberikan kemudahan dan keefektifan dalam komunikasi antara guru dan pihak UPT. Karena dengan menggunakan VoIP tidak perlu berkomunikasi secara manual lagi cukup dengan menggunakan komputer sebagai media komunikasi. Penerapan cloud computing pada sistem VoIP ini digunakan untuk pembuatan virtual server dan pengelolaan resource komputer.


Full Text:

PDF

References


Al Arofat, Mohammad Shoffa; Nurdin Bahtiar; & Ragil Saputra, Seminar Nasional Ilmu Komputer Universitas Diponegoro : Rekayasa Web, Teknologi Informasi dan Jaringan Komputer, Graha Ilmu Yogyakarta, 2012

Fauzi, Ahmad, Uji Keamanan Dengan Sistem Komunikasi Voip Dengan Pemanfaatan Fasilitas Enkripsi Pada Openvpn, 2011

Guzman, Manuel; Bert Verstappen. 2003, What is Monitoring ?, Versoix (Switzerland): HURIDOCS. Volume 1

Putu, I, Agus Eka Pratama.2014. Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi – teknologi Pendukungnya. Bandung: Informatika.

Sugianto, Masim, Panduan Virtualisasi & Cloud Computing pada Sistem Linux, 2011

Syahfrizal, Melwin. 2005.Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta: Penerbit Andi offset.

Tharom, Thabratas, Onno W. Purbo, 2001, Teknologi VoIP. Jakarta: P.T Alex Media Komputindo

Vaishnav, Chintan. 2006.Voice over Internet Protocol (VoIP): The Dynamics of Technology and Regulation.India

Nurmi, Daniel., et al. 2009.The Eucalyptus Open-source Cloudcomputing System. Computer Science Department University of California.

www.3cx.com/phone-system


Refbacks

  • There are currently no refbacks.