PENERAPAN KANSEI ENGINEERING PADA RANCANGAN ANTARMUKA E-LEARNING BERBASIS WEB
Abstract
Penerapan e-Learning dapat dipandang sebagai salah satu aspek competitive advantage, yang mampu menawarkan berbagai solusi peningkatan kualitas hasil pendidikan. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan berlomba-lomba menerapkan elearning. Saat ini produk E-Learning tidak hanya terfokus pada bagian teknis seperti kemudahan, kelebihan atau fitur lainnya, tetapi intinya bagaimana memikat pengguna secara psikologis untuk menggunakan produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Kansei Engineering yang melibatkan pengguna e-learning sebanyak 200 responden untuk menentukan elemen desain yang diinginkan. Metodologi Kansei Engineering yang digunakan adalah metode Type I atau KEPACK. Metode ini digunakan untuk menganalisis semua aspek desain interface yang terkandung dalam Human Computer Interaction(HCI). Dari hasil penelitian diperoleh usulan rekomendasi serta melibatkan faktor psikologis dan dua konsep emotion, yaitu modernity dan cheerfulness. Diperoleh juga dari hasil penelitian menghasilkan produk berupa matriks usulan tampilan atau prototipe produk.
Full Text:
PDFReferences
Firman Hermansyah, Afif. “Strategi Penerapan E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Di SMK Al-Hidayah Kota Bekasi”).2010
Prihati, Mustafid, Suhartono. Penerapan Model Human Computer Interaction (HCI) dalam Analisis Sistem Informasi (Studi Kasus SAS Dikmeni DKI Jakarta).
Lokman., A.M., Noor, L.M., “Kansei Engineering Concept in ECommerce Website” in Proceedings of the International Conference on Kansei Engineering and Intelligent Systems 2006 (KEIS '06). Aizu-Wakamatsu, Japan: KEIS '06, Aizu Univ.. pp 117-124, 2006
Lokman, A.M. Design and Emotion: The Kansei Methodology. UiTM: Faculty of Computer and Math Sciences. Vol. 1, Issue 1, 2010
Refbacks
- There are currently no refbacks.