ANALISA MANAJEMEN RISIKO PADA SISITEM AKADEMIK DI STMIK STIKOM BALI

Nyoman Ayu Nila Dewi, I Gusti Putu Hardi Yudana

Abstract


Sistem informasi pembelajaran di perguruan tinggi saat ini telah banyak digunakan untuk membantu proses belajar mengajar. Sistem e-learning merupakan salah satu sistem yang ada di STMIK STIKOM Baliuntuk membantu proses perkuliahan. Sistem ini digunakan untuk memberikan informasi jadwal perkuliahan, informasi dosen, mahasiswa, tugas, kuis dan forum diskusi. Sistem yang dibangun saat ini telah berjalan untuk membantu proses belajar mengajar, namun sistem pernah mengalami suatu kerusakan yang disengaja maupun tidak disengaja yang diakibatkan oleh human error.

Pada penelitian ini akan membahas tentang risiko manajemen sistem e-learning STIKOM Bali. Penelitian ini memberikan pemetaan tentang risiko yang mungkin terjadi di setiap aktivitas sistem. Dari risiko yang telah di petakan akan diolah menggunakan metode octave allegro untuk memberikan gambaran penanganan dari resiko sistem yang akan terjadi. Hasil dari penelitian ini akan memberikan pemodelan framework manajemen sistem e-learning.

Kata kunci: Akademik,E-learning, Manajemen risiko, Sistem.


Full Text:

PDF

References


. Deni,A.,Teduh,D.,&Hendrik. (2013). Manajemen Risiko Sistem Informasi Akdemik Pada Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Octave Allegro. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Yogyakarta. [2]. Siahaan,Hinsa.(2007). Manajemen Risiko: Konsep,Kasus, dan Implementasi. Elex Media Komputindo,Jakarta. [3]. Andreas,G.,Sanyoto.G.,&Irvan.T. (2008). Pengukuran Resiko Teknologi Informasi (TI) Dengan Metode Octave-S. CommIT,Vol 2 No.1 Mei 2008, Hal.33-38. [4]. O’Brien,James A.& Marakas, George M.(2006). Management Information System, edisi ke-7.McGraw-Hill,New York [5]. Richard,A.Caralli. (2007). Introducing OCTAVE Allegro: Improving the Information Security Risk Assessment Process [6]. Welly dan Mikewati.(2011).Penilaian Resiko Sistem Informasi Pada STMIK STIKOM Bali Menggunakan Metode Octave Allegro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.