ANALISIS PENGUKURAN TINGKAT KESIAPAN IMPLEMENTASI E-LEARNING (E-LEARNING READINESS) STUDI KASUS : UPN “VETERAN” JAKARTA

Henki Bayu Seta, Theresia Wati, Nurhafifah Matondang

Abstract


Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta telah menerapkan sistem e-learning sejak tahun 2007 yang di pelopori oleh Fakultas Ilmu Komputer, sebagai pendukung atau tambahan pembelajaran atau dikenal dengan istilah blended learning. Banyak pengembangan e-learning gagal mengimplementasikan dengan baik, hal ini dikarenakan tidak melakukan pengukuran apakah suatu organisasi tersebut siap atau tidak untuk mengimplementasikan sistem baru seperti e-learning. Dalam penelitian ini dibentuk framework penelitian dengan menggunakan 6 komponen utama yaitu Teknologi (Jaringan, Hardware dan Software), Sumber Daya Manusia (pengembangan diri, kompetensi/skill, sikap pengguna), Organisasi (kultur organisasi, leadership/kepemimpinan dan kebijakan), Pembiayaan (alokasi dana, kebijakan keuangan), dan Materi (isi, interaksi dan penilaian). Indeks e-learning readiness menggunakan skala pengukuran versi Aydin & Tascii dengan skala 1-5. Penelitian dilakukan terhadap dosen dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengolahan data menggunakan statistic deskriptif yang dipetakan terhadap skala pengukuran Aydin & Tascii. Hasil penelitian menunjukkan UPN “Veteran” Jakarta memiliki tingkat kesiapan e-learning readiness sebesar sebesar 3.297 (Not ready needs some works) yang berarti UPN “Veteran” Jakarta belum siap untuk melakukan implementasi e-learning dan harus melakukan beberapa langkah perbaikan persiapan untuk pembelajaran online.


Full Text:

PDF

References


Priyanto, “Model E-learning Readiness Sebagai Strategi Pengembangan E-Learning”, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2008

Aydm, Gengiz Hakan, “Measuring Readinesss for e-learning: Reflection from Emerging Country”. Educational Technology and Society Journal, 8(4), pp. 244-257, 2005.

Rida Indah Fariani, “Pengukuran Tingkat Kesiapan E-Learning (ELearning Readiness) Studi Kasus pada Perguruan Tinggi ABC di Jakarta”, Politeknik Manufaktur Astra Jakarta Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2013 Yogyakarta ISSN : 1907 – 5022, 2013.

JuwindarHS, “Analisis Kesiapan E-Learning Telkom University Dengan Menggunakan E-learning Readiness (ELR) Model (Studi Kasus ICaring)” Fakultas Informatika Universitas Telkom Bandung, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.