SISTEM INFORMASI MONITORING PENYEWAAN SCOOTER DAN MOBIL MAINAN ELEKTRIK BERBASIS ANDROID ( Studi Kasus : Ababil Rental Panakukkang Makassar )

Rismayani Rismayani, Hasyrif SY

Abstract


Ababil Panakkukang menyewakan beberapa scooter danmobil mainan elektrik yang berada pada pelataranCarrefour Panakkukang. Target pemasarannya adalahanak-anak yang ingin bermain di pelataran CarrefourPanakkukang. Adapun permasalahan pada penelitianini adalah proses transaksi sewa menyewa yang terjadimasih dicatat pada sebuah buku, dimana apa bila adayang ingin menyewa maka akan dicatat waktu mulai danberakhirnya waktu sewa dan petugas masih kesulitandalam memonitoring waktu sewa scooter yang sudahselesai apabila dalam satu waktu ada banyak penyewa.Pada penelitian ini menggunakan teknologi berbasisandriod, android adalah sistem operasi berbasis Linuxyang dirancang terutama untuk perangkat touchscreenmobile seperti smartphone dan komputer tablet. Saat iniAndroid sedang dikembangkan oleh Google dalamhubungannya dengan Open Handset Alliance . Metodeperancangan sistem yang digunakan adalah UML(Unified Modelling Language), UML adalah sebuahbahasa untuk menentukan, visualisasi, kontruksi, danmendokumentasikan artifact (bagian dari informasi yangdigunakan atau dihasilkan dalam suatu prosespembuatan perangkat lunak. Artifact dapat berupamodel, deskripsi atau perangkat lunak) dari lunaklainnya. Adapun hasil penelitian adalah dengan adanyasistem informasi ini maka dapat memberikan informasimengenai monitoring waktu sewa dan laporan transaksipada penyewaan scooter dan mobil mainan elektrikababil panakukkang Makassar.


Full Text:

PDF

References


Nazruddin Safaat H, “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphonedan Tablet PC Berbasis Android”, Penerbit Informatika, Bandung.2011.

Roger S. Pressman, “Rekayasa Perangkat Lunak : PendekatanPraktisi”, Andi Offset, Yogyakarta. 2010.

Hall James A., Sistem Informasi Akuntansi, Salamba empat,Jakarta. 2007.

Wendi Wirasta,Imam Febriansyah, “Perancangan Sistem InformasiPenyewaan Alat-Alat Pesta Berbasis Web Di Narda Pesta”,JURNAL LPKIA, Vol.1 No.1,OKTOBER 2014.

Arifianto Teguh, Membuat Interface aplikasi android lebih kerendengan LWUIT, Andi Offset, Yogyakarta. 2011.

Suhendar dan Hariman Gunadi 2011, “Visual ModellingMenggunaikan UML dan Rational Rose”, Informatika Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.