EVALUASI KINERJA INSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENERBANGAN

Safrizal Safrizal

Abstract


Sistem Pendukung Keputusan adalah sistem yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi, perusahaan, atau lembaga pendidikan. Instruktur merupakan pelaksana akademik utama didalam lembaga pendidikan dan pelatihan penerbangan. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan LPP Penerbangan adalah komitmen dan kinerja para istruktur. Untuk melihat kinerja instruktur maka diperlukan suatu sistem evaluasi dimana sistem ini menilai kinerja instruktur dan menghasilkan prioritas instruktur terbaik dengan menggunakan metode AHP dengan kriteria yang digunakan adalah kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Sistem ini akan menerikan urutan prioritas berupa ranking didalam melakukan proses evaluasi kinerja instruktur.


Full Text:

PDF

References


Moekijat. Evaluasi Pelatihan Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Perusahaan.Bandung: Penerbit Mandar Maju, 1990.

Atikah, Nasir W. S., Ceria .F M. T., “Perancangan Penilaian Kinerja Guru Berdasarkan Standar Kualifikasi Akademik Kompetensi Guru dan Kompetensi Gomes sebagai acuan pemberian Insentif”, diakses pada tanggal 1 Oktober 2015

Dewi R. P., “Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Dosen Berbasis Analytical Hierarchy Process (AHP)”, Expert- Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi.

Saaty, L.T., dan Peniwati, K., Group Decision Making: Drawing Out and Reconcilling Differences, RWS Publications Pittsburgh, 2008.

Mulyono, Sri. Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Indonesia, 1996.

Widayat, Drs. MM, Amirullah, SE. MM. “Riset Bisnis”. Edisi Pertama. Cetak Pertama.Graha Ilmu: Yogyakarta. P, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.