SISTEM DELIVERY TEKNISI BENGKEL BERBASIS ANDROID DENGAN IMPLEMENTASI GOOGLE MAPS API

Anggit Dwi Hartanto, Imam Khanafi

Abstract


Sistem delivery teknisi berbasis android yang dibangun adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk pelayanan pengaduan kerusakan kendaraan oleh pelanggan bengkel yang terintegrasi dengan aplikasi android teknisi dan dashboard admin bengkel. Sistem ini bertujuan untuk memudahkan pengguna kendaraan bermotor khususnya pelanggan bengkel untuk meminta bantuan teknisi ketika mengalami gangguan pada kendaraan. Pengguna dalam hal ini adalah pelanggan bengkel dapat menggunakan aplikasi berbasis android ini untuk memanggil teknisi atau montir bengkel tersebut. Penerapan Google API yang dikembangkan oleh Google ini dimanfaatkan untuk menunjukkan letak koordinat latitude dan longitude pelanggan yang melakukan pengaduan. Sehingga pihak bengkel dengan mudah dapat mengetahui lokasi pelanggan yang melakukan pengaduan kerusakan serta dengan mudah dapat menugaskan/mengirimkan seorang teknisi atau montir untuk membantu pelanggan yang melakukan pengaduan.


References


Kusuma, Mashita Enggar, dan Budisusanto, Yanto. 2015. Aplikasi Google Maps Api Dalam Pengembangan Sistem Informasi Geografis(SIG) Pariwisata Berbasis Web (Studi Kasus: Kabupaten Sidoarjo). GEOID. Vol. 10, No. 02, Februari 2015. Diambil dari : http://www.iptek.its.ac.id/index.php/geoid/article/view/801. (4 November 2015)

Muslim, Nuraniah, dan Sunyoto, Andi. 2012. Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Pemetaan Potensi Panas Bumi Di Indonesia Menggunakan Google Maps. DASI. Vol 13, No 2 Juni 2012

Antasari, Rizqi Fitriansyah, dan Kusrini. Perancangan Aplikasi Mobile Bengkelku Sebagai Informasi Alamat Bengkel Resmi Sepeda Motor Di Kota Yogyakarta Menggunakan GPS Berbasis Android. DASI. Vol. 13 No. 4 Desember 2012

H , Nazaruddin Safaat. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2014.

YingBin Cao, Zhengde Zhao, Xu Huaiyu, Yan ZhenXing 2010. Computer Control (ICACC), 2010 2nd Vol. 5. An instant messaging system based on Google Map Advanced

Mahdia, Faya, dan Noviyanto, Fiftin. Pemanfaatan Google Maps Api Untuk Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Logistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web (Studi Kasus: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta). 2013. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. Vol.1 No 1. Juni 2013.

Kristanto, Andri. Rekayasa Perangkat Lunak (Konsep Dasar). Gava Media. 2004.

Jogianto, HM. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Utami, Ema, dan Hartanto, Anggit Dwi. 2012. Sistem Basis Data menggunakan Microsoft SQL Server 2005. Yogyakarta : Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.